Sukses


Dua Joko Susilo Bertemu di Laga Arema vs Pra PON Papua

Bola.com, Jakarta- Arema Cronus menggelar uji coba dengan sistem trofeo pada Selasa (15/9/2015) di Stadion Kanjuruhan, Malang. Dua lawan yang dihadapi adalah Arema U-21 dan Tim Pra PON Papua.

Menariknya, saat menghadapi Tim Pra PON Papua, pelatih dari kedua tim memiliki nama sama, yakni Joko Susilo. Joko Susilo versi Arema adalah asisten pelatih almarhum Suharno. Setelah Suharno wafat, Joko naik jadi pejabat sementara pelatih kepala. Sementara, Djoko Susilo yang menangani Tim Pra PON Papua adalah eks-pelatih Persiwa Wamena. Lebih menarik lagi karena dua Joko itu punya kaitan historis dengan Malang.

“Cuma bedanya pada huruf saja. Joko pakai ejaan lama. Jangan-jangan kalau ada yang memanggil, kami menoleh bersama. Biasanya, orang menyapa saya dengan sebutan Djoko Susilo Wamena, mungkin supaya tidak keliru,” kata Djoko pelatih Pra PON Papua, sambil terkekeh.

Djoko ditunjuk untuk mengawal Cristhoper Sibi dkk. di babak kualifikasi PON zona Papua. Papua akan menjadi tuan rumah, di zona itu ada Papua Barat, Maluku Utara, dan Maluku. Djoko mengaku tidak kesulitan beradaptasi dengan pemain muda Papua. Maklum, ia sudah lama berkiprah di Papua. 

Ia menangani Persiwa sejak kompetisi Divisi Dua dan mengangkat prestasi tim tersebut hingga masuk ke radar elite Divisi Utama Liga Indonesia musim 2006. Ia juga meloloskan Persiwa ke ISL pada 2008.

Sementara, Joko "Gethuk" Susilo Arema lahir di Cepu, tapi telah menjadi bagian dari Tim Singo Edan sejak 1992. Ia menjadi striker andalan Arema selama tiga tahun. Selepas itu, ia memperkuat PSM Makassar dan Persija Jakarta. Baru pada 1998 ia kembali ke Malang. Karier melatih Joko juga diawali di Malang, yakni menangani akademi Arema pada 2004.

Uji coba Arema versus Pra PON Papua merupakan rangkaian persiapan Arema menjelang babak perempat final Piala Presiden 2015. Joko berharap, Samsul Arif dkk. bisa memanfaatkan jeda waktu untuk meningkatkan performa.

“Papua akan menjadi lawan berat, sebab mereka diperkuat pemain muda yang kekuatannya belum kami ketahui,” kata Joko.

Sebelumnya pada bulan Agustus, Arema juga menjalani uji coba melawan Tim Pra PON Papua Barat. Hasilnya, Arema harus susah payah sebelum memenangkan pertandingan dengan skor 3-2.

Bagi Tim Pra PON Papua, Arema adalah klub yang bisa memberi pelajaran kepada 22 pemain muda. Di skuat Pra PON Papua, hanya ada tiga pemain yang pernah tampil di Persipura U-21, yakni Cristho Sibi, Fredi Isir, dan M. Tohir. Sisanya, Papua mengandalkan nama-nama baru.

“Justru ini tantangannya. Semoga anak-anak muda Papua tak gentar menghadapi pemain bintang Arema,” tegas Djoko.

Baca Juga: 

Menakar Kekuatan Papua di Babak Kualifikasi PON 2016

Arema Gelar Uji Coba dengan Sistem Trofeo

Hendro Siswanto Mulai Gatal Duduk di Bangku Cadangan Arema

Video Populer

Foto Populer