Sukses


Slamet Nurcahyo Bawa Persebaya Atasi Sriwijaya FC dengan Skor 1-0

Bola.com, Surabaya - Gelandang Persebaya United, Slamet Nurcahyo, berhasil membawa Bajul Ijo menaklukkan Sriwijaya FC dengan skor 1-0, pada leg pertama perempat final Piala Presiden 2015, di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (20/9/2015) sore WIB. Gol tersebut diciptakan melalui tendangan keras dari luar kotak penalti.

Persebaya yang bermain di kandang dan turun dengan formasi menyerang 4-3-2-1 mengambil alih kendali pertandingan. Mereka langsung mengambil inisiatif penyerangan melalui sentuhan-sentuhan Evan Dimas. Sriwijaya FC yang turun dengan formasi 4-4-2 lebih bersabar sambil sesekali melakukan serangan balik.

Kedua kesebelasan terlihat berhati-hati dan tidak menerapkan permainan terbuka di menit-menit awal babak pertama. Memasuki menit ke-20, kedua tim mulai memperagakan permainan terbuka sehingga kedua tim banyak menciptakan peluang.

Persebaya mendapat peluang emas pada menit ke-22 melalui Pedro Javier. Tetapi, tendangan pemain asal Paraguay tersebut masih lemah dan bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Sriwijaya FC, Dian Agus Prasetyo.

Pada menit ke-25, giliran Laskar Wong Kito yang mendapatkan peluang melalui strikernya, Patrich Wanggai. Tapi, tendangan keras dari mantan pemain Persiwa Wamena tersebut masih melambung di atas gawang Persebaya yang dikawal oleh Jendri Pitoy.

Empat menit berselang giliran penyerang sayap Persebaya, Ilham Udin Armaiyn yang hampir memberikan keunggulan bagi Bajul Ijo. Namun, tendangan mantan pemain Timnas Indonesia U-19 tersebut masih bisa diantisipasi dengan baik oleh bek tengah Sriwijaya FC, Abdoulaye Maiga.

Selanjutnya di menit-menit akhir pertandingan babak pertama, kedua kesebelasan lebih banyak berkutat di lini tengah sehingga minim terjadinya peluang untuk menciptakan gol. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, giliran Sriwijaya FC yang melancarkan serangan langsung ke jantung pertahanan Persebaya. Pada menit ke-47, Patrich Wanggai melakukan usaha untuk menciptakan gol bagi Sriwijaya FC. Tapi, tendangan keras pemain berusia 27 tahun tersebut masih melebar di sisi kiri gawang Jendri Pitoy.

Patrich Wanggai kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-53. Sayang, tendangan mantan pemain Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011 tersebut masih melebar di sisi kiri gawang Persebaya. Padahal, Patrich sudah berhadapan langsung dengan kiper Bajul Ijo, Jendri Pitoy.

Terus diserang, Persebaya mencoba keluar dari tekanan. Pada menit ke-60, penyerang sayap Bajul Ijo, Rudi Widodo, mendapatkan peluang emas di depan gawang Dian Agus Prasetyo. Namun, tendangan mantan penggawa Persis Solo tersebut masih melambung di atas mistar gawang Laskar Wong Kito.

Sebelas menit berselang, Pedro Javier mendapatkan peluang emas untuk menciptakan gol bagi Persebaya. Lagi-lagi, tendangan pemain yang pernah membela timnas Paraguay U-20 tersebut masih bisa diantisipasi oleh Dian Agus Prasetyo.

Gol yang ditunggu Persebaya akhirnya bisa tercipta pada menit ke-85 melalui gelandang Bajul Ijo, Slamet Nurcahyo. Pemain berumur 32 tahun itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang merobek gawang Dian Agus Prasetyo, setelah menerima umpan pantulan dari Pedro Javier. Skor 1-0 untuk Persebaya.

Ketinggalan satu gol membuat Sriwijaya FC melancarkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Persebaya. Pada menit ke-87, tendangan Patrich Wanggai hampir menyamakan kedudukan untuk Sriwijaya FC. Namun, usaha tendangan keras dari Patrich masih bisa diantisipasi oleh Jendri Pitoy.

Memasuki menit-menit akhir, kedua kesebelasan tidak dapat menciptakan gol. Skor 1-0 untuk Persebaya bertahan hingga wasit meniup tanda berakhirnya pertandingan.

Kemenangan tersebut membuat Persebaya hanya membutuhkan hasil seri untuk masuk ke babak semifinal Piala Presiden 2015, saat menghadapi Sriwijaya FC di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Minggu (27/9/2015). Sementara, Laskar Wong Kito harus memenangkan pertandingan dengan keunggulan dua gol tanpa balas saat menjamu Persebaya di leg kedua perempat final Piala Presiden.


Susunan Pemain:

Persebaya United (4-3-2-1): Jendri Pitoy; Faturohman, Sahrul, Dutra, Putu Gede; Asep Berlian (Hargianto 59), Evan Dimas, Zulfiandi (Rudi Widodo 35); Ilham Udin (Fandi Eko Utomo 70), Siswanto (Slamet Nurcahyo 70); Pedro Javier.

Sriwijaya FC (4-4-2): Dian Agus; Saiful, Fachrudin, Maiga, Wildansyah (Jeki Arisandi 66); Ichsan, Fathul, Musafry, Tibo; Patrich Wanggai, Syakir (Yohanes Nabar 80).

Baca Juga :

Skor Djadjang Nurdjaman vs Iwan Setiawan: 3-0

Mitra Kukar Menang Tipis 1-0 Atas PSM Makassar

Gol Indah Samsul Arif Antar Arema Menang 2-1 Atas Bali United

Video Populer

Foto Populer