Sukses


Mitra Kukar Menang Tipis 1-0 atas PSM Makassar

Bola.com, Tenggarong - Mitra Kutai Kartanegara mengalahkan PSM Makassar dengan skor 1-0, pada leg pertama perempat final Piala Presiden 2015 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (19/9/2015). Gol semata wayang tim berjulukan Naga Mekes dicetak oleh striker impor Carlos Raul Sciucatti pada menit kesembilan.

Bermain di kandang, Mitra Kukar yang turun dengan formasi menyerang 4-2-1-3 langsung mengambil inisiatif penyerangan melalui dua penyerang sayapnya yang memiliki kecepatan yaitu, Defri Rizky dan Hendra Adi Bayauw. Sementara, PSM Makassar yang turun dengan formasi 4-3-3 lebih bersabar sambil menunggu untuk melakukan serangan balik.

Memasuki menit keempat, kedua kesebelasan menaikan tempo permainan yang berjalan cepat dan keras. Beberapa peluang tercipta, namun baik Naga Mekes dan Juku Eja belum mampu memaksimalkan peluang untuk menciptakan gol. Pada menit ketujuh, gelandang tengah PSM, Syamsul Bachri Chaeruddin hampir memberikan keunggulan untuk Juku Eja. Sayang tendangan mantan pemain Timnas Indonesia tersebut masih melambung tipis di atas mistar gawang Mitra Kukar yang dikawal, Rivki Mokodompit.

Pada menit kesembilan, tandukan penyerang Mitra Kukar, Carlos Raul Sciucatti mampu membobol gawang PSM yang dijaga Dimas Galih Pratama. Ia sukses memanfaatkan umpan dari tendangan sepak pojok yang dieksekusi Hendra Adi Bayauw. 1-0 untuk Mitra Kukar.

Sciucatti hampir menciptakan gol keduanya dalam pertandingan kali ini pada menit ke-29. Memanfaatkan umpan lambung dari Onorionde Kughebe Jhon, tendangan penyerang berumur 29 tahun tersebut masih menyamping di sisi kanan gawang Dimas Galih.

Di menit-menit akhir pertandingan babak pertama, bentrok kedua kesebelasan lebih banyak berkutat di lini tengah, sehingga minim terjadinya peluang untuk menciptakan gol. Skor 1-0 untuk Mitra Kukar bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Mitra Kukar tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, pada menit ke-46, Bayauw hampir membobol gawang PSM. Sayang, tendangan mantan pemain Timnas Indonesia U-23 itu masih bisa diantisipasi oleh Dimas Galih.

Dua menit berselang, Mitra Kukar mendapatkan peluang emas keduanya di babak kedua melalui Defri Rizky. Namun, tendangan pemain berumur 26 tahun tersebut masih diantisipasi oleh Dimas Galih yang tampil apik di bawah mistar PSM.

Terus menyerang anak-anak asuhan Jafri Sastra lupa akan pertahanan. Pada menit ke-56, penyerang PSM yang baru masuk di babak kedua, Muchlis Hadi Ning Syaifullah hampir membobol gawang Rivki Mokodompit. Tapi, tendangan mantan pemain Timnas Indonesia U-19 tersebut masih bisa diadang oleh bek tengah Mitra Kukar, OK Jhon.

Setelah itu, kedua kesebelasan terus melakukan jual beli serangan meski PSM yang lebih dominan. Namun, rapatnya barisan lini belakang Naga Mekes yang dikomandoi OK Jhon masih bisa menghalau beberapa serangan yang dilancarkan oleh Ferdinand Sinaga dkk. Sehingga tidak ada peluang emas yang berarti untuk menciptakan gol.

Pada menit ke-82, gelandang Mitra Kukar, Septian David Maulana hampir menggandakan skor untuk Naga Mekes. Sayang, tendangan pemain sayap 19 tahun tersebut masih menyamping di sisi kanan gawang PSM. Padahal, pemain kelahiran Semarang tersebut sudah berhadapan langsung dengan Dimas Galih.

Selepas peluang yang terbuang itu, pemain pengganti lainnya Dinan Javier hampir saja membobol gawang PSM. Sayang, tendangan lob dari mantan pemain Timnas Indonesia U-19 itu masih tipis di samping gawang PSM.

Selanjutnya pada menit-menit akhir pertandingan, kedua kesebelasan kehabisan tenaga untuk melakukan serangan. Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-0 untuk kemenangan Mitra Kukar.

Dengan hasil tersebut, Mitra Kukar hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol saat bertandang ke markas PSM di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin. Sabtu (26/9/2015). Sementara, PSM wajib memenangi pertandingan dengan keunggulan dua gol, karena anak-anak asuhan Assegaf Razak tidak bisa menciptakan gol di kandang Mitra Kukar.

Susunan Pemain:

Mitra Kukar (4-2-1-3): Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur (Mahdi Fachri 4), Abdul Gamal, OK Jhon, Syaipullah Maulana; Rizky Pelu, Eka Ramdani; Rahmad Afandi (Dinan Javier 50); Hendra Adi Bayauw (Yogi Rahardian 68), Defri Risky (David Maulana 68); Carlos Raul (Hendra Ridwan 49).

PSM Makassar (4-3-3): Dimas Galih Pratama; Iqbal Samad, Agung Prasetyo, Hendra Wijaya, Kurniawan Kamran; Ardan Aras, Tamzil Sijaya (Rasyid Bakri 52), Syamsul Bachri Chaeruddin; Aditya Putra Dewa (Satrio Syam 32), Ferdinand Sinaga (Maldini Pali 73), M. Rahmat (Muchlis Hadi Ning 53).

Baca Juga :

Duel Lini per Lini Mitra Kukar vs PSM: Lini Depan Seret Gol

Mitra Kukar vs PSM: Duel Rasa Makassar Zulkifli-Syamsul Bachri

Prediksi Mitra Kukar vs PSM: Juku Eja Hanya Berani Patok Seri

Video Populer

Foto Populer