Sukses


Soal Makian Wasit, Persebaya United Tunggu Aksi Mahaka Sports

Bola.com, Surabaya - Wasit Oki Dwi Putra menuai protes keras saat memimpin pertandingan Persebaya United vs Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (20/9/2015). Pertemuan pertama kedua klub di perempat final Piala Presiden 2015 ini dimenangkan Persebaya dengan skor 0-1.

Penyebab protes itu, Oki diklaim melontarkan makian kasar pada striker Persebaya United, Pedro Javier, yang dianggap melakukan diving di kotak penalti Sriwijaya FC. Buntutnya, manajemen Persebaya sempat berencana melaporkan kasus ini ke penyelenggara turnamen, Mahaka Sports and Entertainment.

Hanya, Persebaya mengubah rencana. Mereka tidak akan melaporkan kasus ini ke Mahaka Sports karena yakin pihak panpel turnamen sudah mengetahui dan mendapatkan laporan dari pengawas pertandingan (PP). CEO Persebaya United, Gede Widiade, seperti diketahui sempat mendatangi PP dan meminta untuk mencatat kejadian itu dalam laporannya, sesaat usai kejadian saat pertandingan berlangsung.

Sekretaris Persebaya, Rahmad Sumanjaya, mengaku tidak mendapat perintah dari petinggi Persebaya itu untuk membuat dan mengirimkan surat protes ke penyelenggara turnamen. "Mungkin sudah masuk dalam laporan PP, karena waktu itu PP sudah berjanji mencatatnya," ujar Rahmad.

Meski tak melaporkan ke panpel turnamen, kubu Persebaya yakin makian dan sikap Oki sudah didengar oleh penyelenggara turnamen karena hampir semua media memuat pemberitaan terkait masalah ini.

Persebaya memilih menunggu kabar terkait tindakan pihak penyelenggara terhadap wasit yang mereka tugaskan. Bila memang tidak ada tindakan atau peringatan terhadap wasit tersebut, baru manajemen Persebaya akan kembali mempertanyakan keseriusan pihak penyelenggara terkait prinsip-prinsip sportivitas dan fairplay yang dijunjung tinggi dalam turnamen ini.

"Kami tidak meminta wasit Oki dihukum berat. Minimal ada peringatan keras terhadap sang wasit agar lebih santun dan beretika. Jangan sampai pertandingan yang sudah berjalan bagus dinodai oleh hal-hal seperti ini lagi," kata Rahmad.

Di sisi lain, kepada Bola.com, CEO Mahaka Sports, Hasani Abdulgani, membenarkan pihaknya belum menerima laporan dari Persebaya United. Pihaknya berjanji akan mendalami kasus itu asalkan ada laporan dari kedua klub.

Baca Juga :

Wasit Diklaim Rasis, Persebaya United dan SFC Kompak Protes Keras

Mahaka Sports Menanti Laporan perihal Makian Wasit di Stadion GBT

Slamet Nurcahyo Bawa Persebaya Atasi Sriwijaya FC dengan Skor 1-0

 

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer