Sukses


Abaikan PSSI, Kemenpora Panggil KONI dan Tim Transisi Hari Ini

Bola.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah yang menganggu gelaran Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang sepak bola. Kemenpora memanggil Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Tim Transisi, pada Selasa (6/10/2015).

Tujuan dipanggilnya KONI dan Tim Transisi adalah untuk mencari titik temu soal permasalahan yang ada. Sebab bila tidak dilakukan, pelaksanaan Pra PON sepak bola akan terus terhambat karena tidak keluarnya izin keramaian dari Mabes Polri.

Tak keluarnya izin dari pihak Kepolisian RI itu merupakan imbas dari surat yang di keluarkan oleh Tim Transisi bernomor 175/TT-KEMENPORA/IX/2015. Dalam surat itu disebutkan Asprov harus tunduk di bawah Tim Transisi dan jika melanggar, mereka akan mengambil tindakan hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Padahal, KONI melalui surat tertanggal 26 Agustus 2015 telah memberikan kewengan kepada PSSI menjadi pelaksana dan penyelenggara babak kualifikasi cabang olahraga sepak bola. Tetapi Tim Transisi tidak mau hal itu, karena status induk sepak bola Indonesia tersebut yang dibekukan oleh pemerintah.

"Kami akan mempertemukan KONI dengan Tim Transisi perihal masalah Pra PON. Mereka kami panggil di gedung Kemenpora, Selasa (6/10/2015) pukul 13.00 WIB," kata Juru Bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto saat dihubungi bola.com.

"Kami hanya membatasi pertemuan ini untuk KONI dan Tim Transisi, dan tidak mengajak PSSI karena pembekuan terhadap mereka masih berlangsung," ia menambahkan.

Sebelumnya Ketua KONI Tono Suratman mengatakan langkah yang diambil Tim Transisi ini mengakibatkan penjadwalan Pra PON ikut berantakan. Seperti zona Jawa dan zona Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat yang batal terlaksana sesuai jadwal semula.

"Sikap Tim Transisi jelas menyalahi aturan. Tim Transisi tidak seharusnya berada dalam PON karena memang mereka tidak termasuk dalam organisasi Pra PON," kata Tono.

Baca Juga:

Asprov Melawan, Tim Transisi Akan Hambat Izin Kepolisian Pra PON

Pra PON Sepak Bola Kacau Balau, KONI Kecam Tim Transisi

Jadwal Kualifikasi PON Cabang Sepak Bola

Video Populer

Foto Populer