Sukses


"Tidak Ada yang Jadi Bos di Tim Persib"

Bola.com, Padang - Persib Bandung membawa kesan yang sangat positif di mata Dr. Emral Abus, pelatih dan instruktur pelatih AFC asal Padang yang menangani Maung Bandung berlaga di Piala AFC 2015. 

Emral bercerita Persib adalah tim yang memiliki karakter kuat karena dibangun dengan kebersamaan. Di luar teknis, Emral sangat salut dengan kedisiplinan Firman Utina dkk. baik di lapangan maupun di luar arena. 

"Kelihatannya Pak Djadjang (Djadjang Nurdjaman) itu orangnya santai. Tapi, saat menangani tim dia sangat disiplin. Akhirnya para pemain terbiasa dengan ritme disiplin yang dibangun sejak lama," katanya. 

Selama menjadi pendamping Djadjang, ada beberapa hal yang membuat Emral salut. Menurut dia, pemain Persib yang beragama Islam rajin beribadah, baik salat wajib maupun sunah. Di momen-momen khusus, kadang mereka melakukan salat berjamaah.

"Diam-diam saya memerhatikan para pemain sebelum bertanding atau saat mau berangkat tur tandang. Mereka yang beragama Muslim rajin salatnya," lanjutnya. 

Selain itu, ada kebiasaan-kebiasaan tim yang dibangun untuk membentuk karakter pemain dan kedisiplinan. Bahkan untuk hal-hal sepele seperti makan, tim pelatih punya aturan tersendiri. Emral bercerita, pemain Persib harus tampil rapi di sesi 'resmi' seperti saat makan bersama, briefing, diskusi, atau menjelang keberangkatan ke stadion.

"Saat makan pun pemain tidak boleh mengenakan sandal jepit. Mereka harus rapi, bersepatu, pakai kaus kaki, dan wangi," ucap Emral. 

Emral juga mengungkapkan, kebersamaan di tim Persib sangat kuat. Tidak ada batasan antara manajer, pelatih, pemain, dan ofisial. Namun, para pemain tahu tanggung jawab masing-masing dan tetap menghormati sosok yang lebih tua.

"Tidak ada yang jadi bos di tim Persib. Semuanya saling menghormati dan menjalankan pekerjaan tanpa haus kekuasaan," sambung dia. 

Emral berharap Persib sukses di Piala Presiden dengan menjadi juara. Dengan begitu, Maung Bandung bisa mengobati kekecewaan ketika kompetisi terhenti.

Baca Juga: 

Ini yang Diwaspadai Persib dari Mitra Kukar di Leg 2

Taufiq Optimistis Antarkan Persib ke Final Piala Presiden

Lagi, Umuh Muchtar Janjikan Bonus Besar bila Persib Tembus Final

 

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer