Sukses


Mantan Striker Timnas Nikmati Peran sebagai PNS

Bola.com, Bandung - Mantan striker timnas Indonesia, Zaenal Arief, sedang menikmati perannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bandung. Aktivitas sebagai PNS ini rutin dilakoni mantan pemain Persepam Madura United sejak awal tahun ini.

Pria berusia 34 tahun itu memilih bekerja di belakang meja usai dihantam cedera lutut saat membela Persepam di Indonesia Super League 2014. Abo, sapaan akrabnya, memang terdaftar sebagai PNS di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang kini menjadi Dinas Pelayanan Pajak (Disyanjak) Kota Bandung.

"Iya, sekarang saya lebih menikmati pekerjaan sebagai PNS. Waktu dengan keluarga juga jadi lebih banyak dengan bekerja seperti ini," ujar Abo.

Soal karier sepak bolanya, pria yang namanya berkibar semasa berkostum Persita Tangerang ini mengaku sudah berkeinginan untuk gantung sepatu. Selain faktor usia, riwayat cedera juga ikut memengaruhi keputusan kakak kandung striker Persib, Yandi Sofyan Munawar ini.

Abo mengaku masih mendapatkan tawaran untuk bermain di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, yang saat ini terhenti karena sanksi FIFA per 30 Mei lalu.

"Untuk profesional mungkin iya, tapi untuk sekadar bersenang-senang masih tetap main seperti biasa," kata Abo.

Ia mengaku sudah mempertimbangkan dengan matang keputusan untuk gantung sepatu. Pria asal Garut, Jawa Barat ini, tidak khawatir meski pemasukannya kelak tidak akan sebesar ketika masih aktif bermain.

Selain bekerja sebagai PNS, Abo juga memiliki usaha sampingan yang bisa menopang ekonomi keluarga kecilnya.

"Alhamdulillah dari luar sepak bola sudah cukup bekalnya. Malah, dari usaha saja gajinya sudah lebih dari sepak bola," ucapnya seraya tertawa.

Baca juga :

Kompetisi Bubar, Pelatih Tim ISL Ini Pilih Melatih Tim Sekolah

Wasit ISL Mulai Banting Setir Jadi Pengemudi Go-Jek

Kiper Timnas U-23 di SEAG 2015 Bersiap Ikut Pendidikan TNI AD

Video Populer

Foto Populer