Sukses


Statistik Mengesankan Persib Bandung Saat Bungkam Mitra Kukar

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung melangkah ke final Piala Presiden 2015 setelah mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat. Maung Bandung unggul agregat 3-2.

Tertinggal 0-1 usai takluk di Stadion Aji Imbut, Pangeran Biru langsung tancap gas sejak menit awal. OK John yang tampil lugas di laga pertama membuat kesalahan dengan melakukan gol bunuh diri. Setelah sempat membalas melalui Carlos Raul, Persib kembali unggul berkat dua gol yang dicetak oleh Atep dan Ilija Spasojevic.

Meski sempat bermain dengan 10 orang setelah Hariono menerima kartu kuning kedua dan pertandingan menyisakan waktu lebih dari 10 menit, Naga Mekes gagal mencetak gol hingga akhirnya tersingkir. Djajang Nurjaman akhirnya mampu menang mengesankan atas Jafri Sastra yang selama ini jadi musuh terkuat Djanur dengan pernah menang tiga kali.

Persib menguasai pertandingan

Sadar harus menang dengan keunggulan dua gol, Djanur menginstruksikan anak asuhnya menyerang sejak awal. Firman Utina dan kawan-kawan tampil baik dengan bermain dengan tempo tinggi sejak awal. Mereka menguasai 54% bola dan menciptakan banyak peluang. Total 12 tendangan dilepaskan, 6 di antaranya tepat sasaran, 4 melebar, dan 2 diblok.

Sedangkan Mitra Kukar meski bisa mengimbangi dengan 9 tendangan dan 3 tepat sasaran, 4 meleset, serta 2 diblok, tetap gagal membalas gol karena lini belakang Persib bermain baik. Vladimir Vujovic dan kawan-kawan total melakukan 17 kali memotong bola, 9 kali sapuan, dan 18 kali tekel sukses. Selain itu, faktor ketenangan menyelesaikan peluang juga jadi kendala Mitra Kukar. Sepanjang turnamen ini Mitra memang tak bisa mencetak banyak gol. Enam gol yang dicetak merupakan jumlah terendah dibanding tim semifinalis lainnya.

Rivky Mokodompit yang sebelumnya begitu tangguh di bawah mistar tak kuasa menahan gempuran terus menerus dari Maung Bandung yang kali ini tampil dengan kekuatan penuh setelah lima pemain yang sebelumnya absen bisa kembali bertanding. Lini belakang tetap tampil lumayan dengan catatan 23 tekel sukses, 28 kali memotong bola, dan 28 sapuan. Rivky sendiri melakukan 4 penyelamatan tapi agresivitas Persib memang sulit untuk dibendung dan terlihat bisa memberi tekanan pada OK John dkk.

Laga ini sendiri berjalan cukup panas. 6 kartu kuning dan 1 kartu merah dikeluarkan wasit untuk pemain Persib sedangkan 2 kartu kuning lainnya untuk pemain Mitra Kukar.

Spasojevic terbaik

Spasojevic tampil sebagai yang terbaik dalam pertandingan leg kedua. Satu golnya memastikan kemenangan 3-1 dan membuat permainan Persib setelahnya lebih nyaman. Ia punya kesempatan mencetak gol lainnya tapi dianulir karena sebelumnya wasit sudah meniup peluit setelah OK John dinilai handsball di luar kotak penalti.

Sepanjang pertandingan, Spaso mengoleksi 1 tendangan tepat sasaran dan 1 lainnya melebar. Dia juga tercatat memberikan 17 umpan sukses dan 4 umpan gagal. Lebih dari itu, kehadiran Spaso membuat lini belakang Mitra Kukar jadi lebih sibuk untuk mengamankan areanya dan tampak keteteran diserbu Spaso, Zulham, Atep, dan Konate.

Sementara di kubu Mitra Kukar, Rizki Pellu dan Eka Ramdani jadi sosok sentral. Keduanya tercatat membuat masing-masing 33 dan 35 umpan sukses. Keduanya juga sempat dua kali melepaskan tembakan dengan Pellu mengoleksi 1 tepat sasaran dan 1 melebar, sedangkan Eka Ramdani 2 kali meleset.

Baca juga :

"Persib ke Final, 3 Miliar di Depan Mata, Bonus Besar Pasti Ada"

Persib Lolos ke Final, #PersibDay Jadi Trending Topic

Nobar Persib di Soreang: Depan Toko, Layar Tancap, Manjat Pohon

Video Populer

Foto Populer