Sukses


SEA Games Cabor Sepak Bola Dikhususkan untuk Pemain U-21?

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari SEA Games cabang olah raga sepak bola. Kabar beredar menyebut ajang multi cabang olahraga di kawasan Asia Tenggara itu akan menerapkan regulasi baru untuk cabor sepak bola, mulai SEA Games 2017.

Perubahan signifikan itu berkaitan dengan batas usia pemain yang boleh ikut serta di SEA Games cabor sepak bola. Semenjak SEA Games 2001, cabor sepak bola hanya diperuntukkan bagi pemain di bawah usia 23 tahun atau U-23. Namun, ada kemungkinan mulai SEA Games 2017 berubah menjadi U-21 atau hanya pemain di bawah usia 21 tahun yang diperbolehkan mengisi skuat timnas negara peserta.

Seperti dikutip di laman Today, Minggu (8/11/2015), rencana perubahan aturan itu pertama kali muncul saat pertemuan AFF di Kuantan, Malaysia, dua pekan lalu. Akan tetapi, hingga sejauh ini kemunculan ide itu baru sebatas wacana karena untuk dijadikan sebuah aturan baru, masih harus melalui beberapa proses.

Today mengungkapkan proses itu termasuk mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) sebagai tuan rumah SEA Games edisi 2017, kemudian Komite penyelenggara SEA Games, termasuk pula AFC. Akan tetapi, keputusan final akan diambil Federasi SEA Games (SEAGF).

Di pihak lain, Sekjen AFF, Azzudin Ahmad, berujar anggota ASEAN bisa meminta perubahan itu melalui Komite Olimpade di masing-masing negara. Bila di Indonesia, permintaan perubahan itu bisa diajukan melalui Komite Olimpiade Indonesia (KOI), yang selanjutnya akan menyampaikan permohonan itu ke SEAGF.

Azzudin Ahmad menjelaskan alasan utama di balik wacana penggunaan pemain U-21 di SEA Games adalah untuk menutupi kekurangan turnamen di level usia U-21. "Terlebih, SEA Games bisa dijadikan negara peserta sebagai bagian persiapan fase penyisihan Olimpiade Tokyo 2020," kata Azzudin.

Today menuliskan wacana ini akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan AFF pada bulan depan.

Di sisi lain, sanksi FIFA yang menimpa Indonesia dipastikan membuat timnas tak bisa berlaga di pentas internasional, termasuk SEA Games. Hanya, asa untuk kembali bisa bermain di SEA Games masih terbuka karena edisi terdekat SEA Games masih akan digelar dua tahun lagi di Malaysia. Semoga saja saat itu kondisi sepak bola Indonesia sudah jauh lebih baik dari sekarang.

Video Populer

Foto Populer