Sukses


Tanpa Makan Konate, Persib Krisis Gelandang Serang!

Bola.com, Bandung - Persib Bandung dipastikan kehilangan sosok Makan Konate selepas mengarungi fase penyisihan Piala Jenderal Sudirman. Sang gelandang serang memutuskan hengkang ke salah satu klub Malaysia. Pelatih Maung Bandung, Djadjang Nurdjaman putar otak menutupi lubang yang ditinggalkan oleh pemain asal Mali itu.

"Kami menatap Piala Jenderal Sudirman tak semantap kala menghadapi Piala Presiden. Saya kehilangan sejumlah  pemain kunci dan tidak punya cukup waktu untuk mencari penggantinya," ungkap Djanur.

Djadjang Nurdjaman wajar gelisah, karena ia hanya punya satu pemain berkarakter gelandang serang, yakni Firman Utina. Sang pemain tidak mungkin dipaksa bertanding terus menerus karena faktor usia. Firman usianya terhitung gaek memasuki 34 tahun.

Selama ini Firman dan Konate kerap dimainkan bergantian. Seringkali keduanya tampil bareng untuk menambah daya serang Tim Pengeran Biru. Sayangnya skenario itu tidak mungkin dijalankan pada saat fase knock-out Piala Jenderal Sudirman.

Di sisi lain Persib punya dua gelandang tengah lain, M. Taufik dan Dedi Kusnandar. Namun, karakter permainannya keduanya cenderung bertahan. Mereka lebih sering dimainkan sebagai pemain jangkar di Persib.

Djadjang pun kemungkinan bereksperimen memaksa Taufik berubah fungsi menjadi gelandang serang. Opsi itu dipilih jika Firman Utina tidak dalam kondisi fit atau terkena hukuman kartu. 

Taufik yang punya kemampuan olah bola di atas rata-rata diyakini tidak akan terlalu kesulitan jika dimainkan sebagai gelandang serang. Saat masih bermain di Persebaya Surabaya ia diplot sebagai playmaker, posisi serupa yang diperankan Firman Utina atau Makan Konate.

"Persib tidak boleh tergantung pada satu atau dua pemain saja. Keseimbangan permainan tetap harus terjaga siapapun pemain yang berlaga di lapangan," kata Djadjang Nurdjaman.

Apapun itu, harus diakui kekuatan Persib Bandung tereduksi di Piala Jenderal Sudirman tanpa kehadiran Makan Konate. Apalagi Maung Bandung dipastikan tidak dibela bek tangguh Vladimir Vujovic plus ditambah masih cederanya penyerang sayap Zulham Zamrun.

Video Populer

Foto Populer