Sukses


Perjalanan Tarkam Zulham Zamrun di 3 Kota hingga Cedera Ligamen

Bola.com, Jakarta - Zulham Zamrun rencananya akan menjalani tes MRI (Magneting Resonance Imaging) kedua di Surabaya, Senin (16/11/2015). Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, menjelaskan Zulham menjalani tes MRI yang pertama di Makassar, seusai mengalami cedera saat bermain di turnamen tarkam, Habibie Cup, 7 November di Parepare.

Berdasarkan tes MRI itu, Zulham didiagnosis cedera ligamen lutut kiri, yang membuatnya harus istrirahat enam sampai delapan bulan. Rafi mengatakan Zulham ingin memastikan lewat tes MRI kedua di Surabaya.

Sebenarnya, Zulham hanya salah bertumpu saat jatuh ketika menahan bola. Gelandang Sriwijaya FC, Asri Akbar, menceritakan kejadian saat Zulham jatuh. Menurut Asri, Zulham jatuh saat menahan bola dan tidak ada benturan dengan pemain lain. Akibat bertumpu pada lutut kiri, Zulham langsung meringis kesakitan.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman, hanya pasrah. Hal yang paling ia takutkan terjadi. “Tidak baik kalau tarkam terus menerus meski itu hak pemain, karena biasanya tidak ada metode yang tepat di klub tarkam untuk pemain, sebelum dan sesudah pertandingan,” katanya.

Zulham memang termasuk salah satu pemain yang cukup rajin main tarkam. Di Liga Ramadhan, pemilik OTP 37 mengaku membayar Zulham Rp 5 juta setiap kali main. Tercatat setelah kompetisi ISL berhenti, Zulham main tarkam tiga kali di tiga kota. bola.com merangkum perjalanan tarkam Zulham Zamrun sejak Juni 2015:

18 Juni bergabung dengan OTP 37

Zulham menerima tawaran bermain tarkam pada bulan puasa di Liga Ramadhan Makassar 2015. Ia bergabung dengan klub OTP 37. Tak hanya Zulham, bintang ISL lain seperti Zulkifli Syukur, Evan Dimas, dan Cristian Gonzales juga meramaikan ajang itu lantaran tak ada aktivitas lain selepas kompetisi berhenti. Di Liga Ramadhan, Zulham tampil sejak babak penyisihan Grup E hingga semifinal.

22 Oktober tampil di semifinal Piala Bupati Banjarnegara

Pada Kamis (22/11/2015), Zulham dan empat pemain Persib Bandung, Firman Utina, Achmad Jufriyanto, Taufiq, Tony Sucipto memperkuat klub tarkam Andalas Kayuares Pagentan di Piala Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah. Zulham dkk. sampai di Kabupaten Banjarnegara Kamis pagi dan langsung bertanding pada sore hari. Padahal, baru pada 18 Oktober mereka bertarung di final Piala Presiden dan keesokan harinya dijamu Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

Dua hari setelah main tarkam di Banjarnegara, Zulham membela Persib di laga uji coba melawan Malaysia All Stars di Stadion Si Jalak Harupat. Ia hanya bermain di babak kedua, tapi mampu mencetak dua gol.

28 Oktober bergabung dengan Persipare

Zulham Zamrun memperkuat Persipare Parepare pada Habibie Cup. Pada laga pembuka, Zulham mencetak satu dari tiga gol Persipare melawan Perssin Sinjai. Zulham tampil di turnamen itu hingga babak semifinal antara Persipare versus Gasma Enrekang. Saat itulah Zulham mengalami cedera, saat menahan bola dan terjatuh lalu menggunakan lutut sebagai tumpuan.

Video Populer

Foto Populer