Sukses


Prediksi: Semen Padang vs Persipura: Mutiara Hitam Wajib Menang

Bola.com, Gianyar - Semen Padang akan meladeni Persipura Jayapura pada babak penyisihan Grup B Piala Jenderal Sudirman, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (17/11/2015) malam WIB.

Laga tersebut wajib dimenangi Persipura jika ingin menjaga asa lolos ke babak perempat final. Pasalnya, Tim Mutiara Hitam harus menerima kekalahan dari Bali United dalam drama adu tendangan penalti dengan skor 5-2. Persipura kini berada di peringkat keempat sementara klasemen grup dengan raihan satu poin.

Jika kalah, peluang Persipura untuk lolos ke babak delapan besar terasa berat. Karena, Tim Mutiara Hitam hanya menyisakan dua laga lagi, untuk menghadapi lawan kuat seperti, PSM Makassar dan Mitra Kukar.

Dalam laga tersebut, Persipura terpaksa kehilangan kapten sekaligus penyerang sayap andalan, Boaz Solossa. Pemain yang akrab disapa Boci tersebut absen karena cederanya kambuh.

Absennya Boaz membuat Pelatih Persipura, Oswaldo Lessa, mengubah formasi dari yang biasanya menurunkan skema 4-3-3 jadi 4-4-2. Pelatih asal Brasil tersebut akan menumpuk empat gelandang. Emmanuel Wanggai dan Nelson Alom diproyeksikan jadi gelandang bertahan, sementara Robertino Pugliara dan Lim Jun-sik bertindak sebagai gelandang serang.

"Boaz tidak bisa bermain. Tapi, kami sudah mengantisipasi hal tersebut," kata Lessa.

Boaz Solossa bersama Persipura Jayapura (Faizal Fanani/Liputan6.com)

Di lini belakang, tim Mutiara Hitam akan memasang duet bek tengah andalannya, Yustinus Pae dan Ricardo Salampessy, untuk mengawal gawang Persipura yang kemungkinan tetap dijaga oleh Selsius Gebze. Sementara posisi bek kanan dihuni Gerard Pangkali. Posisi bek kiri kemungkinan akan dihuni Victor Pae untuk menggantikan peran Dominggus Fakdawer yang harus absen lantaran menerima kartu merah di pertandingan pertama.

Persipura kemungkinan akan mengandalkan duet penyerang, Ian Kabes dan Christover Manuel Sibi di lini depan Tim Mutiara Hitam.

Di kubu lain, Semen Padang mengawali pertandingan pertama di Piala Jenderal Sudirman dengan kepercayaan tinggi. Pelatih Semen Padang, Nilmaizar, kemungkinan akan menurunkan formasi 4-4-2, saat menghadapi Persipura.

"Kami yakin dengan materi pemain yang ada. Tim sudah semakin solid. Mudah-mudahan kami bisa berbuat banyak pada turnamen ini," tutur Nilmaizar yang pernah menukangi Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 itu.

Tim Semen Padang menggelar latihan akhir Piala Jenderal Sudirman di Padang pada Sabtu (14/11/2015) sebelum berangkat ke Bali sehari berselang. (Bola.com/Arya Sikumbang)

Namun, Nil tetap mengimbau anak-anak asuhannya untuk fokus menghadapi Persipura yang memiliki permainan kolektif cukup bagus. Meski, Persipura tak akan diperkuat oleh Boaz.

Di pertandingan nanti Tim Kabau Sirah akan tetap mengandalkan pemain andalannya. Di posisi bek tengah, Nil menurunkan duet Mamadou Al Hadji dan Saipullah Maulana. Kedua pemain itu akan ditompang oleh dua bek sayap, Hengki Ardiles dan Ricky Ohorella, yang berada di posisi kiri dan kanan.

Di lini tengah, tim Kabau Sirah akan mengandalkan empat gelandang yang memiliki karakter berbeda. Ada Hendra Adi Bayauw dan Irsyad Maulana yang memiliki kecepatan dan menyisir di posisi sayap. serta Yu Hyun-koo dan Vendry Mofu yang menjaga kedalaman permainan Semen Padang.

Di lini depan tim juara IPL 2011-2012 bakal memasang penyerang James Koko Lomell dan M. Nur Iskandar untuk mendobrak gawang Persipura. Keduanya, memiliki kelebihan masing-masing. James Koko Lomell memiliki pergerakan yang mematikan, sedangkan M.Nur Iskandar memiliki kecepatan.

Siapa yang bakal unggul? Nantikan saja duel kedua kesebelasan itu.

Video Populer

Foto Populer