Sukses


Persija Jaga Asa ke Semifinal, Peluang PS TNI di PJS Makin Berat

Bola.com, Solo - Persija Jakarta berhasil mengalahkan PS TNI dengan skor 1-0 pada laga kedua babak 8 besar Grup D Piala Jenderal Sudirman, di Stadion Manahan, Solo, Selasa (15/12/2015). Gol kemenangan Macan Kemayoran dicetak Raphael Maitimo lewat tendangan penalti pada menit ke-87.

Hasil tersebut membuat skuat asuhan Bambang Nurdiansyah menjaga asa lolos ke babak semifinal dengan nangkring di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin. Sedangkan kekalahan ini membuat langkah PS TNI di turnamen ini makin berat setelah menelan dua kekalahan beruntun.

Anak asuh Suharto AD memang masih punya satu laga sisa melawan Mitra Kukar, Minggu (20/12/2015). PS TNI bisa lolos bila mampu mengalahkan Naga Mekes setidaknya dengan tiga gol tanpa balas dan Persija takluk dari Semen Padang. Saat ini, pemuncak klasemen Grup D ditempati Semen Padang yang mengoleksi enam poin dari dua pertandingan.

Di awal pertandingan, PS TNI langsung tampil menekan. Kapten tim, Legimin Raharjo mendapatkan peluang di menit kedua, namun sepakan bolanya dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan penjaga gawang Persija, Andritany Ardhiyasa.

Pada menit ke-26 Persija mendapatkan kesempatan pertamanya untuk menciptakan gol. Tetapi, tendangan bola Pandi Lestaluhu masih bisa dihalau dengan kaki oleh kiper PS TNI, Dhika Bayangkara.

Serangan demi serangan terus dilakukan PS TNI. Namun, skor tanpa gol bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Nasib sial menimpa Macan Kemayoran ketika babak kedua baru berjalan empat menit. Mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Ismed Sofyan mendapatkan kartu kuning keduanya karena melanggar pemain PS TNI, Hendri Aprilianto.

Meski bermain dengan 10 pemain, Persija tetap dapat mengimbangi gaya permainan cepat yang dilakukan PS TNI. Mereka mempunyai peluang membuka keunggulan di menit ke-75. Sayang sepakan Raphael Maitimo masih bisa diselamatkan kiper.

Wasit sempat menghentikan pertandingan pada menit ke-77. Sebab ada salah satu lampu penerangan di stadion yang mati, sehingga laga ditunda sekitar 20 menit.

Selepas pertandingan dilanjutkan, permainan tetap berjalan dengan terbuka. Bahkan Persija berhasil membuka keunggulan lewat titik putih di menit ke-87.

Penalti tersebut berawal dari pelanggaran Hendri Aprilianto terhadap Emmanuel "Pacho" Kenmogne di dalam kotak terlarang. Wasit Kusni yang melihat pelanggaran itu langsung menunjuk penalti. Maitimo yang menjadi eksekutor tendangan itu menjalankan tugasnya dengan baik.

Setelah gol itu PS TNI berusaha menyamakan kedudukan. Tetapi, hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan skor 1-0 untuk keunggulan Persija tidak berubah.

Susunan pemain:

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany; Ismed Sofyan, M. Robby (Gunawan Dwi Cahyo), Maman Abdurrahman, Vava Mario Yagalo (OK John); Amarzukih, Syahroni (Pacho Kenmogne), Raphael Maitimo; Dedi Hartono, Aldy Al Achya (Zikri Akbar), Pandi Lestaluhu (Rafid Lestaluhu).

PS TNI (4-4-2): Dhika Bayangkara; Hendri Aprilianto, Wiganda Pradika, Hardiantono, Khoirul Hidayat (Abduh Lestaluhu); Manahati Lestusen, Legimin Raharjo, Guntur Triaji (Wawan Febrianto), Suhandi; Erwin Ramdani, Dimas Drajad (Tambun Naibaho).

Video Populer

Foto Populer