Sukses


Jacksen Tiago Tutup Pintu buat Pemain Indonesia ke Penang FA

Bola.com, Rio de Janeiro - Penang FA klub yang dilatih pelatih asal Brasil, Jacksen F. Tiago, yang malang melintang di Indonesia, bakal berlaga di Malaysia Super League 2016.

Menghadapi tantangan berat di kompetisi kasta elite Negeri Jiran, Jacksen berencana menggaet sejumlah pemain baru. Hanya, ia memastikan tak satupun pemain incarannya berasal dari Indonesia.

Keputusan tidak mendatangkan pesepak bola asal Indonesia atas permintaan manajemen Penang FA. "Mereka ingin saya lebih banyak memberdayakan pemain-pemain lokal asal Penang. Tujuan utamanya agar masyarakat Penang bangga dengan klub kampung halaman mereka," tutur Jacksen yang dikontak bola.com lewat pesan singkat pada Rabu (16/12/2015) malam.

Penang ingin Jacksen membentuk tim dengan fondasi pemain-pemain lokal. Mereka ingin Jacksen membina putra-putra daerah layaknya saat ia melatih Persipura Jayapura. Filosofi ala Barcelona yang mengutamakan pemain-pemain asal Catalan yang dibina di akademi La Masia tengah dibangun Penang.

"Manajemen ingin 70 persen pemain yang ada di tim pemain lokal. Mereka minta saya juga turun tangan mengelola akademi, agar tiap tahunnya Penang FA selalu kebanjiran bakat-bakat lokal," ucap Jacksen.

Pelatih yang sukses mempersembahkan tiga gelar juara Indonesia Super League buat Persipura tersebut menyadari ada konsekuensi yang harus ditanggung dengan memberikan ruang sebesar-besarnya kepada pemain lokal Penang beraksi di klub berjulukan The Panthers.

"Banyak pemain-pemain bagus beredar di Malaysia Super League musim depan. Jika ingin berprestasi, kami harus membangun tim solid dengan materi pemain-pemain yang kualitasnya di atas rata-rata. Buat saya ini sebuah tantangan. Saya menikmati pekerjaan yang saya jalani," ujar arsitek kelahiran Rio de Janeiro, 28 Mei 1968 itu.

Di Malaysia Premier League 2015 Penang FA bertengger di posisi dua besar klasemen akhir. Penang FA menyelesaikan musim ini dengan koleksi 45 poin dari 22 pertandingan, kalah tiga poin dari Kedah FA yang menjadi juara kompetisi kasta kedua. Penang pun menemani Kedah FA promosi ke kompetisi elite musim depan.

"Suatu saat saya akan mendatangkan pemain asal Indonesia, tapi tidak musim depan. Saya tidak menutup kemungkinan akan kembali melatih ke Indonesia, kampung halaman kedua saya setelah Brasil," tutur Jacksen F. Tiago yang datang ke Indonesia sebagai pemain pada era pertama Liga Indonesia 1995-1996.

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer