Sukses


Jacksen Tiago Bantah Merekrut Sergio van Dijk ke Penang FA

Bola.com, Penang - Pelatih klub asal Malaysia Penang FA, Jacksen F. Tiago langsung merespons rumor soal rencana striker naturalisasi Sergio van Dijk merapat ke klubnya. Arsitek asal Brasil mengaku kalau klub asuhannya sudah memiliki empat pemain asing.

"Tidak benar berita Sergio van Dijk akan bermain di Penang FA. Kami sudah punya pemain asing buat musim 2016," tegas Jacksen F. Tiago lewat pesan singkat ke bola.com pada Minggu (3/1/2016).

Jacksen merinci empat pemain asing Penang FA adalah Reinaldo Lobo (Bek/Brasil), Brent Griffits (Bek/Australia), Matias Cordoba (Gelandang/Argentina), dan Jose Tadeu (Striker/Brasil).

Tiga pemain merupakan pendatang baru. Hanya Reinaldo Lobo, legiun impor lawas yang musim lalu membela Penang FA. Sang pemain merupakan bawaan Jacksen dari Indonesia. Sang stopper sebelumnya berkostum klub Mitra Kukar.

Penang FA sendiri baru mendepak dua pemain asing, yakni Alberto Goncalves dan Hilton Moriera. Keduanya berposisi sebagai penyerang dan berasal dari Brasil. Mereka malang melantang di Indonesia sebelum berkiprah di Negeri Jiran.

Isu soal kepindahan Sergio van Dijk ke Penang FA mencuat setelah Football Forward Thailand pada Sabtu (2/1/2016), melansir berita perpisahan striker berdarah Belanda-Indonesia dengan klubnya Suphanburi FC. 

SvD mengakhiri jalinan kerja sama yang sudah terjalin 1,5 tahun dengan klub papan atas Thailand Premier League (TPL) karena tawaran kontrak baru dianggap sang pemain terlalu kecil. Sang pemain kabarnya berharap mendapat kenaikan gaji. Bocorannya pada musim lalu ia mengantungi bayaran Rp 4,5 miliar per tahun.

Sergio Van Dijk, hengkang dari Suphanburi FC karena permintaan kenaikan nominal kontraknya ditolak. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Van Dijk tidak akan bersama kami musim depan karena kami tidak  mencapai kesepakatan terkait detail kontrak baru. Jadi kami memutuskan  untuk mengucapkan salam perpisahan," ungkap Warawut Silpa-archa, Presiden Suphanburi FC.

Berbagai media di Negeri Gajah Putih menyebut Rodrigo Vergilio,  striker asal Brasil, bakal menggantikan posisi van Dijk di Suphanburi FC. Hanya klub berjulukan The War Elephant tersebut belum mengambil keputusan final. Mereka  memilih bersikap hati-hati mencari pengganti Sergio.

Van Dijk tercatat sebagai salah satu pemain vital di Suphanburi FC musim 2015. Torehan 14 gol di TPL jadi salah satu buktinya. Pemain yang  mendapat julukan "The Monk" alias biarawan, mengacu pada kepalanya yang  plontos, total bermain di 40 pertandingan dan mencetak 17 gol dari  seluruh ajang yang diikuti The War Elephant pada 2015. Mantan penyerang Timnas Indonesia itu mengantar klubnya finis di peringkat tiga di TPL.

Sergio van Dijk membela Timnas Indonesia untuk kali pertama atas peran Jacksen F. Tiago. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Isu soal kepindahan Sergio ke Penang yang pernah dihembuskan situs ESPN pada bulan November 2015, mencuat lagi. ESPN pernah menulis van Dijk bisa berlabuh ke Penang FA atau  Selangor FA.

Berkiprah di Malaysia Super League (MSL)) menurut Sergio van Dijk bakal jadi tantangan  buatnya. Ia yakin tidak akan merasa sulit beradaptasi dengan  atmosfer sepak bola Negeri Jiran. "Lantaran saya bisa berbicara dengan Bahasa Indonesia (yang mirip dengan Bahasa Melayu) dan mengenal beberapa pemain serta pelatih di MSL, mungkin bermain di sana cocok untuk saya," imbuhnya, ketika itu seperti dikutip di ESPN.

Penang jadi klub yang ideal bagi Sergio van Dijk karena sang pemain memiliki kedekatan hubungan dengan Jacksen F. Tiago. Sang pelatih asal Brasil yang memberinya kesempatan membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2014 pada tahun 2013 silam. Bomber yang pernah membela Persib Bandung itu sempat digoda Jacksen untuk pindah ke Persipura Jayapura pada musim 2014 silam.

Video Populer

Foto Populer