Sukses


Kompetisi Mandek, Martapura FC Tetap Latihan dan Bina Pemain

Bola.com, Martapura - Meski kompetisi mandek, manajemen Martapura FC tetap konsisten dengan program kerjanya. Klub Divisi Utama asal Kalsel itu terus menjalankan agenda latihan dan pembinaan pemain.

Langkah ini sebagai proyeksi membangun sepak bola Kalsel lebih maju dan bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia.

"Selama ini pemain asal Kalimantan yang sukses dan jadi pilar timnas bisa dihitung dengan jari. Fakta ini membuat kami serius membina dan melahirkan pemain asli daerah ini. Mayoritas pemain yang membela klub-klub amatir dan profesional di Kalimantan berasal dari luar pulau," kata Muhamad Hilman, Ketua Umum Martapura FC.

Padahal jika pembina sepak bola Kalimantan mau mencari pemain berbakat, wilayah ini memiliki potensi tak kalah dengan daerah lain.

"Kendala luasnya wilayah Kalimantan membuat pengurus atau pelatih malas turun ke daerah sehingga bakat-bakat muda pun tak terpantau. Sementara hal ini tak didukung kegiatan turnamen atau kompetisi yang berkualitas," tutur Hilman.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, lanjut Hilman, selain mematikan karier pemain muda, klub-klub profesional harus mengeluarkan dana sangat besar bila terpaksa mendatangkan pemain dari luar Kalimantan.

"Selama ini ada anggapan bahwa klub-klub di Kalimantan kaya. Pemain yang mau ke sini lantas memasang nilai kontrak tinggi. Padahal dana untuk menggaji satu pemain dari luar bisa membayar dua atau tiga pemain asli Kalimantan," ujarnya.

Lantaran program kerja tetap berjalan, pelatih Frans Sinatra Huwae pun terus menggelar latihan rutin tiga kali sepekan.

"Yang berlatih hanya anak-anak lokal. Selain pemain lama, kami juga berusaha memasukkan pemain baru yang berasal dari kabupaten yang ada di Kalsel. Ini untuk menghemat biaya operasional. Kami juga rutin menggelar uji coba dengan klub-klub lokal," ungkap Frans Sinatra.

Yang menarik, Martapura FC berencana merekrut beberapa pemain muda jebolan Frenz United. "Anak-anak Frenz United tak punya muara setelah ikut turnamen. Kami siap menampungnya. Kualitas mereka bagus dan punya jam terbang internasional. Saya sudah dapat tawaran untuk beberapa pemain Frenz United," jelas Frans.

Video Populer

Foto Populer