Sukses


Wawancara Joko Driyono soal Nasib Indonesia Super League 2016

Bola.com, Jakarta - Sejak terhentinya kompetisi Indonesia Super League pada awal bulan Mei 2015, otomatis operator kompetisi tersebut yakni PT Liga Indonesia, tidak mempunyai kesibukkan yang berarti. Mereka pun memilih menjadi konsultan beberapa turnamen.

Mulai dari Piala Presiden 2015, Piala Jenderal Sudirman, dan terakhir adalah Piala Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim). Tentu digandengnya PT LI tersebut tak lepas dari kiprah mereka yang telah sukses menggelar kompetisi sepak bola di Indonesia.

Meski begitu, CEO PT LI, Joko Driyono, mengatakan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan untuk menggelar kompetisi Indonesia Super League musim 2016. Rencananya event itu berlangsung pada bulan Maret-November 2016.

Tetapi agenda tersebut bisa saja kembali mundur ataupun batal. Sebab, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) beberapa hari yang lalu mengeluarkan surat edaran tidak memberikan rekomendasi untuk ajang itu.

Namun, PT LI tetap yakin kompetisi ISL 2016 bisa bergulir. Berikut wawancara dengan PT LI mengenai masalah tersebut :

Mengapa PT LI belum mengambil sikap terkait surat BOPI?

Kami belum berbicara karena menghindari kegaduhan yang ada. Makanya kami mesti uraikan dengan klub soal surat yang muncul dari BOPI. Masalahnya karena nama ISL atau format dari event yang ingin kami buat.

Bagaimana bila BOPI tetap menolak untuk memberikan rekomendasi terhadap PT LI?

Kami akan terus berusaha untuk menggelar kompetisi dengan cara yang relevan karena sepak bola rohnya ada di kompetisi bukan turnamen. Jadi kami tetap optimistis dapat menggelar kompetisi. Saat ini kami terus berkomunikasi secara informal dengan BOPI.

PT LI ingin menggelar kompetisi bulan Maret-November. Apa yang mendasari hal ini?

Kami sengaja menggelar event sampai dengan bulan November karena bila sanksi dari FIFA dicabut, para pemain dapat fokus untuk mengikuti Piala AFF 2016 yang digelar pada bulan Desember 2016. Jadi kami tak akan membuat event lebih dari bulan November.

Posisi PT LI dalam kisruh sepak bola nasional ada dimana?

Kami tidak memihak kepada PSSI atau Kemenpora. Kami berada di tempat yang netral karena kami hanya sebuah PT yang saham mayoritasnya diisi oleh klub-klub Indonesia.

Apakah benar PT LI konflik dengan PSSI?

Tidak benar. Hubungan kami dengan PSSI baik-baik saja. Terbukti mereka mendukung kami untuk menjalankan ISL musim 2016.

Adakah terobosan baru untuk ISL 2016?

Kami menerapkan sistem online. Mulai pendaftaran pemain dan proses administrasi lainnya akan dilakukan secara online, termasuk laporan pertandingan. Dengan begitu, saat itu juga data langsung tersambung dengan database kami.

Event  PT Liga tahun 2016 akan diberi nama apa?

Kami belum menyiapkan nama apapun untuk event kami tersebut. Terserah orang-orang memberikan nama Indonesia Super Tournament atau apapun.  Yan jelas, kami belum menetapkan nama untuk event kami itu.

Video Populer

Foto Populer