Sukses


PSIS Desak PT Liga Indonesia Kumpulkan Klub Divisi Utama

Bola.com, Semarang - Rencana bergulirnya kompetisi Divisi Utama oleh PT Liga Indonesia pertengahan tahun ini disambut hangat PSIS Semarang. Manajemen tim Laskar Mahesa Jenar berharap bergulirnya kompetisi kasta kedua setelah Indonesia Super Competition (ISC) ini terealisasi.

Direktur Teknik PSIS, Setyo Agung Nugroho, mengusulkan klub-klub kasta kedua sepak bola Indonesia segera dikumpulkan guna mematangkan konsep.

"Saya kira itu (bergulirnya Divisi Utama) rencana bagus dan ditunggu-tunggu. Jika memang serius, segera saja ada pertemuan klub-klub Divisi Utama bahkan Liga Nusantara sehingga seluruh tim semua kasta kembali bergerak dan aktivitas sepak bola bisa normal," kata Setyo Agung.

Dalam menggulirkan Divisi Utama dan Liga Nusantara (Linus), PT Liga Indonesia juga berencana memberikan dana subsidi. Nantinya, seluruh biaya untuk menjalankan kompetisi Divisi Utama berasal dari setengah penghasilan 18 klub ISL yang sudah memainkan beberapa pertandingan ISC.

Kesepakatan tersebut diambil setelah PT Liga Indonesia melakukan pertemuan dengan 18 klub ISL sebagai pemegang saham di Jakarta (16/1/2016).

Dalam ISC direncanakan tidak akan ada campur tangan PSSI dan dikelola secara independen. Karenanya, akan dibentuk PT baru untuk mengelolanya. Rencananya ISC diputar Maret hingga November 2016. Sementara kick-off Divisi Utama mengikuti.

Setyo Agung menambahkan rencana bergulirnya ISC jadi momentum kebangkitan sepak bola di Indonesia. Terlebih, pembekuan FIFA selama hampir setahun belakangan membuat aktivitas sepak bola di Tanah Air seakan mati suri. Pihaknya juga berharap pelaksanaan kompetisi independen tetap mendapat lampu hijau dari aparat kepolisian melalui pemerintah.

"Dari pengamanan-pengalaman sebelumnya, meski persiapan sudah matang, kompetisi tidak bisa diputar karena kepolisian tak mengeluarkan izin. Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana.

Tim yang juga juara kompetisi Liga Indonesia V 1998-1999 itu memang vakum dari aktivitas sepak bola nasional. Kali terakhir, PSIS mengikuti turnamen Polda Jateng 2015 dan berhasil merengkuh gelar juara.

Video Populer

Foto Populer