Sukses


Sekjen PSSI: ke Spanyol Evan Dimas Harusnya Koordinasi ke PSSI

Bola.com, Jakarta - Kepergian Evan Dimas ke Spanyol untuk menimba ilmu selama empat bulan di Espanyol B mendapat respons dari PSSI. Sekjen PSSI, Azwan Karim, mengungkapkan semestinya Evan berkoordinasi dengan PSSI sebelum berangkat menjalani pelatihan.

Azwan menjelaskan mantan kapten Timnas U-19 itu semestinya mengantongi ITC (International Transfer Certificate) sebelum ke Negeri Matador.

"Di mana-mana pemain yang ingin bermain di luar negeri harus berkoordinasi dengan federasi negaranya, karena hal tersebut menyangkut hubungan antarfederasi, termasuk soal Evan Dimas. Seharusnya, Evan Dimas meminta PSSI mengeluarkan ITC," kata Azwan usai mengikuti pertemuan Tim Ad-Hoc PSSI di kediaman Agum Gumelar, Jakarta, Selasa (2/2/2016) malam.

Azwan menambahkan ITC merupakan syarat mutlak bagi pemain yang ingin melanjutkan karier di luar negeri, walau proses awalnya hanya seleksi atau berlatih, seperti yang dijalani Evan. Tanpa ITC, pemain bisa terkena masalah ketika diminati dan bergabung bersama sebuah klub mancanegara.

"Walau Indonesia disanksi FIFA dan PSSI dibekukan Menpora, ITC wajib dimiliki pemain yang bermain di luar negeri. Dalam hal Evan Dimas, seharusnya Espanyol meminta federasi sepak bola Spanyol, LFP, berkomunikasi dengan PSSI. Setelah itu, PSSI akan meminta izin kepada klub Evan Dimas, Surabaya United. Kemudian kami akan mengeluarkan ITC dan langsung diserahkan ke LFP, yang selanjutnya ke Espanyol," papar Azwan.

Di sisi lain, Evan Dimas telah meninggalkan Tanah Air menuju Spanyol pada Selasa (2/2/2016) malam. Sebelum bertolak ke Negeri Matador, pemain berusia 20 tahun itu bertemu Menpora Imam Nahrawi di Jakarta untuk meminta dukungan dan doa restu.

 

Video Populer

Foto Populer