Sukses


4.600 Pesepak Bola Ramaikan Turnamen Terbesar di Sumatra Barat

Bola.com, Padang - Sebanyak 4.600 pesepak bola dari 184 tim kecamatan di Sumatra Barat akan bertanding dalam turnamen bertajuk Irman Gusman Cup dengan misi Bakti untuk Nagari yang digelar mulai 13 Maret-22 Mei 2016.

Turnamen ini digelar di 19 kota. Tim yang bertanding mewakili tingkat kecamatan dengan melibatkan pemain amatir. Panitia pertandingan mewajibkan satu tim memiliki delapan berusia 17 hingga 19 tahun dan 17 pemain maksimal berusia 23 tahun.

Panitia mengklaim turnamen ini jadi ajang akbar alias yang terbesar di Sumatra Barat. Selain melibatkan 4.600 pesepak bola, ada 1.200 ofisial tim. Sebanyak 184 tim  akan memainkan fase kualifikasi di wilayah Kota dan Kabupaten masing-masing. Juara masing-masing wilayah akan tampil pada putaran final di Padang. 

"Selain hadiah untuk tim dan gelar individu, peserta putaran final juga akan mendapat subsidi uang dan bantuan jersey," kata Tria Suprajeni, ketua panpel Irman Gusman Cup dari Spartan Enterprise.

Promotor memberikan gelar individu mulai pemain terbaik, pemain muda terbaik, top scorer, fair play team hingga kiper terbaik, bek terbaik, gelandang terbaik, striker terbaik, wasit terbaik, dan suporter terbaik. 

"Turnamen ini merupakan bagian dari seleksi The Sumbar Dream Team, yang akan dipersiapkan menuju PON 2020 di Papua," kata Tria Suprajeni, ketua panpel Irman Gusman Cup dari Spartan Enterprise.

Panitia menunjuk dua pelatih senior asal Sumbar, Indra Sjafri dan Suhatman Iman untuk menjadi tim pencari bakat. Rencananya, setelah terkumpul 30 pemain berusia 19 tahun, mereka akan masuk pemusatan latihan jangka panjang dan berguru di Spanyol atau Brasil.

"Sistem pemusatan latihan tetap menggunakan metode promosi-degradasi," tegas Tria.

Video Populer

Foto Populer