Sukses


Batal Vakum, Surabaya United Ikuti Piala Gubernur Kaltim

Bola.com, Surabaya - Seluruh elemen Surabaya United akhirnya bisa bernapas lega. Setelah batal tampil di Piala Wali Kota Padang karena panpel menunda pelaksanaan turnamen tersebut, pelatih kepala Surabaya United, Ibnu Grahan, menginformasikan Surabaya United bakal tampil di Piala Gubernur Kaltim yang mulai diputar pada 27 Februari 2016.

Kepastian tersebut membuat Surabaya United tak jadi menganggur. Maklum, setelah menerima informasi soal penundaan Piala Wali Kota Padang, kubu Surabaya United sempat tak tahu harus tampil di ajang apa dalam waktu dekat.

"Saya mendapat informasi soal Piala Gubernur Kaltim. Waktu sepekan yang kami miliki akan dimaksimalkan untuk persiapan tim," tutur Putut Winajarko, asisten pelatih Surabaya United.

Itulah mengapa selain memantau dua pemain seleksi, Abdul Ghofur dan Eljo Ernesto Iba, uji coba melawan tim Pra-PON Jatim yang akan berlangsung pada Jumat (19/2/2016) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, rencananya akan dimanfaatkan untuk mendapatkan bahan evaluasi.

Hasil dari evaluasi inilah yang akan digunakan sebagai pijakan sang pelatih dalam melakukan perbaikan fisik maupun teknik. Ibnu juga berniat menutup celah di sejumlah posisi yang dinilai kurang maksimal, termasuk akan mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi 3-5-2, formasi lama yang mulai ditinggalkan banyak pelatih.

Perubahan formasi ini bertujuan untuk menyiasati keterbatasan pemain di sektor belakang, khususnya bek sayap kanan maupun kiri. "Nanti dilihat lagi, kalau memang mendesak, kami akan matangkan formasi baru ini," ujar Ibnu.

Surabaya United tidak ingin sekadar numpang lewat di turnamen untuk memperingati HUT Provinsi Kaltim ke-59 tersebut. Berbagai upaya dilakukan Ibnu untuk membentuk tim yang solid. Lebih-lebih mereka ingin menunjukkan bahwa kekuatan mereka tidak menurun, meski ditinggalkan banyak pemain senior di awal tahun ini.

Kabar undangan tampil di Piala Gubernur Kaltim ini disambut baik para pemain. Sebab, mereka sempat resah menyusul kabar pembatalan Piala Walikota Padang. Pemain pun mengaku sangat termotivasi untuk tampil maksimal di turnamen ini.

"Ini yang kami tunggu-tunggu. Terlalu lama kami hanya berlatih dan berlatih, tanpa ada pertandingan. Kami sudah rindu atmosfer pertandingan yang sesungguhnya," jelas Fandi Eko Utomo, pilar Surabaya United.

Hal senada dilontarkan Thomas Ryan Bayu. Kiper Surabaya United ini yakin timnya akan tampil kompetitif lantaran kaki seluruh skuat Surabaya United sudah gatal dan ingin bertanding melawan tim-tim ISL lainnya.

Surabaya United rencananya akan bertolak ke Kalimantan Timur pada 25 Februari 2016. Mereka akan membawa 22 pemain untuk menjalani Piala Gubernur Kaltim.

Video Populer

Foto Populer