Sukses


Andik Vermansah Buka Rahasia Kekompakan Selangor FA

Bola.com, Selangor - Selangor FA telah merasakan beratnya bertanding dalam tiga ajang berbeda. Banyak pelajaran yang bisa mereka petik dari ketatnya jadwal yang harus mereka jalani. Namun sejauh ini, mereka cukup puas dengan capaian pada ketiga ajang tersebut. 

Bintang Selangor asal Indonesia Andik Vermansah mengaku senang dengan hasil yang diraih timnya. Meski berat lantaran harus membagi konsentrasi antara MSL, Piala FA dan Piala AFC, ia merasa timnya berada di jalur yang benar. Kepada bola.com, Andik membeberkan resep kekompakan Selangor FA. 

Tim berjulukan Gergasi Merah itu memang belum terkalahkan di semua ajang itu. Sekali imbang 1-1 versus Johor Darul Takzim, menang 1-0 dari Perak FC di MSL, menang 2-0 atas Air Asia di Piala FA, dan seri 2-2 lawan Ceres La Salle FC (klub Filipina) di Piala AFC 2016.

Namun dari semua laga itu, ada dua pertandingan yang menurutnya paling berkesan, yakni melawan JDT di MSL dan Ceres FC di Piala AFC 2016. Maklum, kedua lawan ini bisa dibilang sangat berat bagi Andik dkk. Seperti diketahui, JDT adalah juara bertahan yang dihuni sederet pemain Timnas Malaysia. Sementara Ceres FC dihuni banyak pemain naturalisasi.

Kami telah melewati dua laga yang sangat berat. Hasil positif di dua pertandingan lawan kedua tim ini sangat penting bagi kami. Dengan tidak kalah dari dua lawan seberat JDT dan Ceres FC, itu bisa menambah motivasi tim, sekaligus melambungkan optimisme kami.

Andik Vermansah berfoto bersama seorang sopir taksi sebelum berlatih di Stadion Mini Shah Alam, Malaysia, Kamis (28/01/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Andik mengakui, rentetan hasil bagus ini membuat timnya sangat kondusif. Seluruh pemain merasa nyaman dan ingin terus meraih hasil positif di setiap laga yang mereka jalani. “Manajemen senang, kami juga nyaman. Kami menikmati semua yang kami lakukan bersama tim ini,” ujar Andik.

Meski musim ini jauh lebih berat karena target yang mereka sasar lebih banyak dari musim sebelumnya. Ia dan kawan-kawannya semakin mantap menatap semua event yang mereka ikuti. Ini tak lepas dari kemampuan sang pelatih Zainal Abidin Hassan menjadikan suasana tim menjadi tetap nyaman kendati tekanan yang dihadapi lebih berat.

Tak hanya itu, rekan-rekannya di Selangor FA yang mau membaur membuat mereka merasa seperti keluarga. “Kami memang berkumpul hanya saat latihan dan pertandingan, tapi kami merasa satu kesatuan, senasib seperjuangan. Itulah yang terus ditanamkan pelatih kepada kami. Bahwa jalinan tim ini harus kuat,” tutur Andik Vermansah.

Video Populer

Foto Populer