Sukses


Tim Transisi Dibubarkan bila Pembekuan PSSI Dicabut

Bola.com, Jakarta - Pembekuan PSSI kemungkinan akan dicabut. Namun, keputusan tersebut baru bisa diketahui beberapa hari ke depan setelah Kemenpora melakukan pengkajian. Menurut Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, bila pembekuan terhadap PSSI dicabut, Tim Transisi akan dibubarkan. 

Selama masa pembekuan, tim yang diketuai oleh Bibit Samad Rianto itu mengambil alih seluruh tugas PSSI. Mereka menjalankan roda sepak bola di Tanah Air, yang salah satunya adalah memastikan kompetisi nasional berjalan.

Namun, hingga beberapa bulan tim itu terbentuk tidak ada kompetisi sama sekali. Mereka hanya memberi rekomendasi turnamen-turnamen jangka pendek sebagai pengisi kompetisi yang sedang vakum.

"Bila SK pembekuan dicabut mungkin saja Tim Transisi dibubarkan. Tapi itu bisa saja tidak terjadi tergantung dengan keputusan pengkajian kami nantinya," ucap Gatot saat jumpa pers di kantor Kemenpora, Rabu (24/2/2016) malam WIB.

Tetapi, pemerintah meminta syarat sebelum melakukan pencabutan pembekuan ini. Salah satu yang diminta adalah digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang akan dilaksanakan setelah enam bulan induk sepak bola Indonesia itu kembali aktif. 

Saat ini pengurus terpilih PSSI periode 2015-2019 belum melakukan tugas mereka sama sekali. Sebab satu hari sebelum KLB pemilihan pengurus yang baru, pemerintah sudah menjatuhkan sanksi administrasi terhadap PSSI.

"Siapapun yang terpilih di KLB nanti kami akan hormati, karena ini merupakan unsur demokrasi," ujar pria berkaca mata itu.

"Kami akan memberikan kebebasan kepada para voter untuk memilih di KLB. Hal ini didesain sebagai perbaikan tata kelola sepak bola Indonesia," tambahnya.

Adanya rencana pencabutan pembekuan PSSI tak lepas dari perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Orang nomor satu di Indonesia tersebut menginginkan dalam waktu 1-2 hari ke depan sudah ada keputusan Kemenpora tentang hal ini.

Jokowi mengundang Menpora Imam Nahrawi, Ketua Tim Ad-Hoc PSSI, Agum Gumelar, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk melakukan pertemuan di Istana Negara, Rabu (24/2/2016) sore WIB. Hasil dari pertemuan itu Kemenpora diminta mengkaji ulang SK Pembekuan.

"Bila pembekuan sudah dicabut kami menginginkan adanya koordinasi antara PSSI dan pemerintah, dalam melakukan komunikasi dengan FIFA. Sebab selama ini hanya PSSI yang melakukan komunikasi ke FIFA dan tidak melibatkan pemerintah," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer