Sukses


Penalti Alberto Goncalves Menangkan SFC 1-0 atas PS TNI

Bola.com, Tenggarong - Laga Sriwijaya FC vs PS TNI jadi duel pembuka Piala Gubernur Kaltim di Grup B. Pertandingan perdana ini dimainkan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (28/2/2016) sore WIB.

Sriwijaya FC lega karena mampu memenuhi target memenangi pertandingan dengan skor 1-0. Meski begitu, duel ini tidak dimenangi dengan mudah lantaran PS TNI seperti janji mereka, tampil dengan semangat prajurit dan pantang menyerah untuk menyamakan kedudukan.

Sejak menit ke-10, PS TNI yang dilatih Eddy Syahputra dalam posisi tertinggal 0-1 melalui penalti yang dieksekusi Alberto "Beto" Goncalves akibat pelanggaran yang dilakukan Syaiful Ramadhan terhadap M. Ridwan. Wasit dengan tegas menunjuk titik putih dan striker asal Brasil itu dengan mulus mengeksekusi penalti.

Selepas water break babak pertama, PS TNI mencoba menekan. Lini pertahanan Laskar Wong Kito yang dikomandoi Achmad Jufriyanto sempat dibuat bekerja keras mengamankan wilayah mereka dari serangan Manahati Lestusen dkk.

Hanya, peluang yang diperoleh PS TNI gagal dimanfaatkan karena buruknya penyelesaian akhir serta kokohnya pertahanan SFC.

Sepanjang babak pertama SFC tak hanya lebih unggul dari sisi penguasaan bola, 57 persen berbanding 43 persen, skuat asuhan Benny Dollo itu juga lebih banyak melakukan tembakan. Tercatat, SFC melesakkan lima tendangan, empat di antaranya mengarah ke gawang dan satu melenceng.

Sementara PS TNI melepas enam tembakan, namun empat di antaranya melenceng dari sasaran dan hanya dua yang mengarah ke gawang.

Memasuki babak kedua, tak ada perubahan taktik yang menonjol dari dua kesebelasan. Permainan berjalan dalam tempo sedang dan kedua tim bergantian melakukan serangan.

Salah satu peluang terbaik yang dimiliki PS TNI terjadi pada menit ke-66 saat memperoleh tendangan bebas di luar kotak penalti. Tendangan bebas yang dilakukan Manahati Lestusen itu disambut Tambun Naibaho. Namun, tembakan pemain bernomor punggung 22 itu jatuh tepat di pelukan Dian Agus Prasetyo.

PS TNI di babak kedua lebih mendominasi jalannya pertandingan, dengan memiliki penguasaan bola lebih banyak, 58 persen berbanding 48 persen.

Namun, SFC bukannya tanpa peluang. Meski dalam posisi unggul, Laskar Wong Kito tidak mengendurkan serangan. Intensitas serangan itu terus meningkat jelang akhir pertandingan.

Beto Goncalves membuktikan ia layak ditakuti lini belakang lawan. Dalam tempo lima menit, mantan striker Persipura dan Penang FA itu membuat dua peluang emas. Hanya lagi-lagi tembakan Beto mampu digagalkan Dhika Bhayangkara. 

Skor 1-0 bertahan hingga pertandingan berakhir. PS TNI harus menerima kekalahan di laga perdana sementara Sriwijaya FC berhasil meraup poin penuh.

Susunan pemain

Sriwijaya FC (4-3-3): Dian Agus Prasetyo; Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Thierry Gathuessi, Syaiful Indra Cahya; Asri Akbar, Firman Utina, Yu Hyun-koo; Bayu Gatra, Alberto Goncalves, M. Ridwan

PS TNI (4-3-3): Dhika Bayangkara; Wiganda Pradika, Hardiantono, Wanda Syahputra, Syaiful Ramadhan; Legimin Raharjo, Suhandi, Manahati Lestusen; Guntur Triaji, Aldino Hardianto, Wawan Febriyanto

 

Video Populer

Foto Populer