Sukses


Glen Sugita Bicara Persib Racikan Dejan Antonic

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung telah mengontrak 19 pemain selama dua tahun. Meski kontrak tersebut bisa ditinjau ulang bila Indonesia Soccer Championship A batal digelar, kontrak dua tahun jadi bukti Persib mempersiapkan skuat jangka panjang di bawah arahan Dejan Antonic.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Glen Sugita menilai, pemain lokal Persib yang ada saat ini adalah yang terbaik, setelah sebelumnya Maung Bandung ditinggal Firman Utina, Makan Konate, Dedi Kusnandar, Abdulrahman, Achmad Jufriyanto, dan Muhammad Ridwan.

"Tahun ini kesempatan Persib untuk regenerasi. Saya cukup senang karena ada banyak pemain dengan usia bervariasi, seperti Kim Kurniawan dan Rachmat Hidayat yang sedang dalam usia matang," kata Glen kepada bola.com beberapa waktu lalu.

Manajemen Persib juga sudah memiliki rencana buat beberapa pemain U-21 jebolan Diklat Persib. Tiga pemain akan menimba ilmu di Inter Milan, yakni Gian Zola, Febri Haryadi, dan Jujun Saepulloh. Sementara, pemain Diklat yang telah dikontrak Maung Bandung adalah AlFath Fathier.

"Pemain muda sudah masuk dalam rencana jangka panjang Persib. Artinya, manajemen berharap lima tahun ke depan anak-anak itu sudah menjadi tulang punggung tim, jadi pelatih yang akan datang tak perlu pusing-pusing melakukan seleksi," imbuhnya.

"Untuk saat ini, saya berharap di bawah pelatih Dejan Antonic, pemain muda semakin matang dan menjadi kolaborasi yang pas dengan pemain senior," katanya.

Diakui Glen, bagi Persib saat ini sulit mencari pemain asing. Faktor kompetisi jadi salah satu penyebabnya. Pemain asing yang berkualitas sudah banyak yang memperkuat klub di Asia Tenggara. Sementara, di Indonesia situasi sepak bola masih belum pasti meski ada rencana Indonesia Soccer Championship yang digelar oleh PT Gelora Trisula Semesta.

Persib hampir diperkuat striker yang diincar sejak tahun 2014, yakni Aron da Silva. Sayang, pemain asal Brasil itu memutuskan bertahan di Thailand karena faktor keluarga.

"Kalau kompetisi berjalan, saya yakin banyak pemain asing berkualitas yang berminat main di Persib," ujarnya.

Glen yang juga jadi komisaris PT Gelora Trisula Semesta menambahkan, untuk kondisi saat ini, kompetisi bertajuk Indonesia Soccer Championship adalah jalan terbaik bagi klub. Meski tak ada promosi degradasi, ISC adalah hal yang paling realistis daripada klub mengikuti turnamen secara maraton.

Glen berharap, ISC baik untuk klub ISL, Divisi Utama, Liga Nusantara, maupun untuk kelompok usia (U-21 dan U-17) berjalan lancar, sehingga aktivitas klub kembali normal.

"Bagi klub yang penting ada kompetisi. Mungkin saat ini memang harus bersabar karena belum ada promosi degradasi," tegas Glen Sugita.

Video Populer

Foto Populer