Sukses


Joko Driyono Jamin Transparansi Kontrak Pemain di ISC 2016

Bola.com, Jakarta - Babak baru sepak bola Indonesia akan terjadi saat bergulirnya Indonesia Soccer Championship (ISC), 15 April 2016. Hal ini berkaitan dengan akan adanya transparansi nilai kontrak untuk setiap pemain yang dikontrak sebuah klub.

Sebelumnya, transparansi kontrak memang jadi barang mahal di kompetisi Tanah Air. Kondisi itu sudah berlaku sejak era Liga Indonesia hingga bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL).

Alhasil, para pencinta sepak bola Indonesia hanya bisa menebak-nebak nilai kontrak yang didapat pemain bintang maupun pemain asing. Hal itu terjadi berulang-ulang dalam setiap musim bergulirnya kompetisi dan tidak ada keterbukaan.

"Ya, nilai kontrak yang didapat pemain akan kami informasikan di ISC saat pemain bergabung dengan klub baru," Joko Driyono, Komisaris PT Gelora Trisula Semesta (GTS) saat berlangsungnya diskusi bertema "Plus Minus Penerapan Budgeting Cap untuk Sepak Bola Nasional" yang digagas PSSI Pers di Jakarta, Kamis (10/3/2016) siang.

Joko juga mengungkapkan transparansi nilai kontrak pemain akan bisa dilihat secara detail di situs resmi ISC. Harapannya, transparansi ini akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan ISC.

Transparansi nilai kontrak pemain ini sendiri mengikuti apa yang sudah lebih dahulu berlaku di benua Eropa. Di benua Biru, nilai dan durasi kontrak pemain sudah menjadi konsumsi bagi setiap pencinta sepak bola.

Di pentas Indonesia Super League musim 2008-2009 PT Liga Indonesia pernah mencoba melakukan transparansi kontrak. Mereka membagikan data 10 kontrak termahal. Namun, hal tersebut hanya bertahan semusim, karena klub keberatan data kontrak pemain mereka dibuka ke publik. Ke depannya sistem tersebut akan kembali diterapkan secara lebih gamblang.

"Nantinya, nilai kontrak pemain semuanya bisa diakses langsung di sana," ucap mantan Sekretaris Jenderal PSSI ini.

Kontrak pemain top di ISL sendiri kerap digembar-gemborkan mencapai miliaran rupiah. Hingga kini, mantan pemain Persib Bandung, Sergio van Dijk dikabarkan menjadi pemain dengan kontrak termahal di Tanah Air dengan pemasukan mencapai angka Rp 3 miliar selama satu musim.

Selain Van Dijk, beberapa pemain top macam Bambang Pamungkas, Greg Nwokolo yang sudah hijrah ke BEC Tero, hingga Cristian Gonzales juga dikabarkan dapat kontrak dengan nilai wah. Kini, semua nilai kontrak itu akan dirilis jelang berlangsungnya ISC pada 15 April.

 

Video Populer

Foto Populer