Sukses


Menganggur, Sergio van Dijk Latihan di Klub Divisi 2 Belanda

Bola.com, Assen - Malang benar nasib penyerang naturalisasi berdarah Belanda, Sergio van Dijk. Ia kini berstatus menganggur, tanpa klub. Pemain yang terakhir tercatat membela klub Australia, Adelaide United, mudik ke Negeri Kincir Angin.

Sergio van Dijk kini menjalani sesi latihan dengan klub Divisi 2 Belanda, FC Emmen. "Sampai mendapatkan klub baru saya berlatih di klub ini untuk menjaga kebugaran," ujar Sergio seperti yang dilansir oleh situs lokal Belanda rtvdrenthe awal pekan ini.

Bomber yang berkostum Persib Bandung pada tahun 2013 tersebut sempat menjalani petualangan singkat di Adelaide United. Ia sempat dimainkan play-off Liga Champions Asia (LCA).

Van Dijk gagal mengantarkan Adelaide ke lolos ke fase grup LCA setelah Adelaide takluk 1-2 dari klub asal Tiongkok, Shandong  Luneng, pada laga play-off Liga Champions Asia zona Timur di Stadion Coopers, Selasa (9/2/2016) sore WIB.

Dua gol Shandong Luneng dicetak Yang Xu (17') dan mantan penyerang Sao Paulo, Diego Tardelli (39'). Gol balasan Adelaide United diciptakan Sergio Cirio pada menit ke-89.

Pada laga tersebut, pemain kelahiran 6 Agustus 1982 itu tampil pada menit ke-63 menggantikan  Bruce Djite. Masuknya Van Dijk membuat lini serangan Adelaide lebih berbahaya. Performa menawan van Dijk mencapai puncak pada menit ke-89. Penyerang kelahiran Assen, Belanda itu mengirimkan umpan yang membuat Cirio mampu mencetak gol dan memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Namun, karena klub tersebut gagal lolos ke fase grup, kontrak Sergio tak dilanjutkan. Sergio yang berpaspor Indonesia tak bisa dimainkan di Liga Australia (A-League) karena slot pemain asing di Adelaide sudah terisi. Jika sang pemain masih punya paspor Negeri Kanguru sebenarnya Adelaide berminat mengontraknya.

Selepas dari Australia, Sergio van Dijk sempat mencoba peruntungan ke Liga Tiongkok. Sayang upayanya mendapat klub di Negeri Tirai Bambu gagal hingga batas bursa transfer pada 1 Maret silam.

Van Dijk pun mudik ke kampung halamannya Assen dan kemudian numpang berlatih di klub lawasnya FC Emmen. Ia pernah bermain di klub itu pada musim 2005–2009. Striker berkepala plontos tersebut tampil di 98 laga dengan torehan 32 gol.

Karier bomber yang membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 tersebut meredup ketika secara tiba-tiba membatalkan perpanjangan kontrak di klub Thailand, Suphanburi, akhir 2015. Sergio van Dijk kabarnya kecewa karena permintaannya naik gaji tidak dikabulkan oleh klub itu.

Di Thai Premier League 2015 Sergio van Dijk tampil apik dengan mencetak 14 gol sekaligus mengantarkan Suphanburi di jajaran papan atas. 

 

Video Populer

Foto Populer