Sukses


5 Fakta Menarik Persib Road to Final Torabika Bhayangkara Cup

Bola.com, Bandung - Persib Bandung lolos ke final Torabika Bhayangkara Cup 2016 setelah mengalahkan Bali United Pusam 1-0, Rabu (30/3/2016). Ini merupakan kali kedua bagi Maung Bandung lolos ke partai puncak turnamen selama kompetisi ISL vakum sejak 2015. 

Sebelumnya, Persib meraih juara Piala Presiden 2016 setelah mengalahkan Sriwijaya FC 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sementara, dalam ajang Piala Jenderal Sudirman, Persib terhenti di babak penyisihan grup.

Berikut lima fakta menarik perjalanan Persib ke final Bhayangkara Cup 2016. 

1. Persib tim terkuat

Persib Bandung jadi salah satu tim yang belum pernah kalah dalam ajang tersebut. Pada babak penyisihan Grup A, Persib hanya sekali ditahan imbang Mitra Kukar. Selebihnya, anak asuh Dejan Antonic mampu mengalahkan Sriwijaya FC 2-0, PS TNI 2-0, dan Pusamania Borneo FC 1-0.

Pemain Persib Bandung Vladimir Vujovic menyundul bola ke gawang Bali United pada laga semifinal Piala Torabika Bayangkara di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (30/3/2016). (Bola.com/NIcklas Hanoatubun)

Torehan Persib lebih baik ketimbang juara Grup B, Arema Cronus. Tim Singo Edan tak pernah kalah, tapi dua kali ditahan imbang, yakni saat melawan Persipura Jayapura dan PS Polri.

2. Gol spesial Tantan

Gol tunggal Tantan ke gawang Bali United merupakan gol pertamanya dalam ajang Torabika Bhayangkara Cup. Top scorer sementara Persib Bandung adalah Samsul Arif dengan raihan tiga gol. Gol kemenangan Persib menuju final diciptakan dua pemain pengganti.

Selain Tantan, David Laly yang memberi umpan silang ke Juan Belencoso sebelum bola disundul Tantan dan gol. David Laly diturunkan pada pertengahan babak kedua. 

3. Gol dramatis

Kemenangan Persib atas Bali United hampir sama saat Maung Bandung menghadapi Pusamania Borneo FC dalam babak penyisihan grup, Minggu (20/3/2016). Persib mengakhiri pertandingan menegangkan dan menang 1-0. Pada saat itu, gol Persib tercipta pada menit 73 dari kaki Samsul Arif. Kali ini, giliran Tantan yang melesakkan gol pada menit 77. 

Pemain Persib Bandung Tantan bersujud usai mencetak gol ke gawang Bali United pada laga semifinal Piala Torabika Bayangkara di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (30/3/2016). (Bola.com/NIcklas Hanoatubun)

Sementara, saat Persib menang dengan skor lebih dari 2-0, mereka bisa mencetak gol pada babak pertama. Seperti saat mengalahkan PS TNI, gol Samsul Arif dan Atep tercipta pada menit 45 dan 47. Sedangkan gol pembuka Persib saat menekuk Sriwijaya FC dicetak Juan Belencoso pada menit 10.

4. 2 pemain muda

Dua pemain muda Persib tampil cukup konsisten dalam ajang ini. Mereka adalah Febri Haryadi dan Gian Zola. Kedua memang masih mengawali laga dari bangku cadangan, kecuali Febri Haryadi yang diturunkan adi starter saat melawan Bali United.

Penampilan kedua pemain itu cukup menjanjikan. Meski belum memberi assist atau mencetak gol, Febri Haryadi mampu jadi pembeda di sektor kanan dengan kecepatannya. 

5. Persib era baru

Persib Bandung tampil pada Bhayangkara Cup jadi ajang pembuktian sang nakhoda baru, Dejan Antonic. Dejan ditarget menjadi suksesor Djadjang Nurdjaman di Piala Presiden. Setelah gagal dalam ajang Bali Island Cup, lolos ke final Bhayangkara Cup memang jadi sorotan tersendiri buat pelatih asal Serbia itu. 

Di tangan Dejan, Persib Bandung tampil dengan warna baru, termasuk beberapa rekrutan yang cukup menjanjikan, di antaranta David Laly, Samsul Arif, Juan Belencoso, dan Rahmad Hidayat. Nama terakhir terpaksa menepi dari turnamen karena mengalami cedera lutut saat laga uji coba melawan PS Polri.

Video Populer

Foto Populer