Sukses


Media Asing Serius Tanggapi Ide Menpora soal Mourinho

Bola.com, Jakarta - Pernyataan Menpora Imam Nahrawi yang menginginkan Jose Mourinho jadi pelatih Timnas Indonesia selepas sanksi FIFA dicabut, ternyata tidak hanya jadi pemberitaan luas di dalam negeri. Media massa internasional juga bereaksi dengan pernyataan menteri 42 tahun itu.

Reaksi media massa yang terbit di negara manca massa bahkan cenderung serius dan heboh, karena hal ini melibatkan sosok ternama dalam pentas sepak bola dunia: Jose Mourinho.

Media massa yang terbit di Inggris, semisal Daily Mail, memuat pernyataan yang diucapkan Menpora pada Senin (9/5/2016) di Kantor Kemenpora, Jakarta, itu dengan judul "Mourinho jadi target Indonesia (yang terkena sanksi). Sementara BBC, memberi judul artikelnya "Jose Mourinho diinginkan Indonesia sebagai pelatih kepala".

Media lain, seperti Mirror dan Metro juga memberitakan ucapan Menpora Imam Nahrawi. ESPN menulis "Indonesia tertarik dengan Jose Mourinho seperti dikonfirmasi Menteri Olahraga".

Begitu pula dengan media yang terbit di negara lain, tak terkecuali negara tetangga, Singapura dan Malaysia. 

The Star, yang terbit di Malaysia, menulis artikel dengan judul "Indonesia ingin Spesial One untuk melatih timnas". Sedangkan Today yang terbit di Singapura, menjuduli artikelnya dengan "Indonesia menginginkan Spesial One untuk timnas".

Tidak hanya di media massa, pernyataan itu juga ramai dibicarakan di jejaring sosial, seperti Twitter. Hal itu tak lepas dari strategi masing-masing media, terutama media online, yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan artikel yang mereka unggah.

Sejak pernyataan sang Menpora muncul, wacana ini memang langsung menyita perhatian masyarakat, tidak hanya mereka yang menggemari sepak bola nasional melainkan juga fans sepak bola internasional, terutama mereka yang mengikuti kiprah Jose Mourinho.

Menpora Imam Nahrawi menyebut keinginan menjadikan mantan pelatih sejumlah klub top Eropa itu sebagai pelatih Timnas Indonesia ini sudah disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo dalam pertemuan beberapa waktu lalu. Pertemuan itu juga dihadiri Ketua Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir.

"Saya usulkan Timnas Indonesia merekrut Jose Mourinho karena hal ini bisa untuk mengangkat mental pemain sekaligus menjadikan Timnas Indonesia disegani," kata Imam Nahrawi kepada wartawan di Kantor Kemenpora, Senin (9/5/2016).

Menpora kelahiran Bangkalan, Madura, itu menambahkan ia sempat menanyakan berapa dana yang dibutuhkan untuk merekrut Mourinho kepada Erick Thohir. "Pak Erick menjawab, kisaran kontraknya mencapai Rp 250 miliar," imbuh Imam.

Berbeda dengan Menpora, Erick Thohir, seperti dituturkan Imam Nahrawi, dalam pertemuan itu justru menyebut Guus Hiddink sebagai sosok ideal sebagai pelatih Tim Merah-Putih. 

Di sisi lain, ramai jadi santapan pemberitaan pers internasional terkait pernyataan Menpora RI ini, Jose Mourinho hingga saat ini belum berkomentar. Pelatih 53 tahun ini diketahui sedang berada di Meksiko untuk menangani tim legenda FIFA yang menjalani laga ekshibisi dengan tim Bintang Meksiko pada gelaran Kongres FIFA, 12-13 Mei 2016.

 

Video Populer

Foto Populer