Sukses


FIFA Resmi Cabut Sanksi untuk Indonesia

Bola.com, Mexico City - Kabar baik untuk sepak bola Indonesia. Pada Jumat (13/5/2016), FIFA mencabut sanksi untuk Indonesia lewat Kongres FIFA yang berlangsung di Meksiko, Jumat (13/5/2016).

Pada Kongres FIFA ke-66 itu, ada tiga negara yang kena sanksi dibahas, yakni Indonesia, Republik Benin, dan Kuwait. Kongres memutuskan sanksi Indonesia dicabut, setelah pada Selasa (10/5/2016) pemerintah Indonesia mencabut SK pembekuan PSSI. 

"Anggota dewan FIFA hari ini memutuskan mencabut sanksi kepada Indonesia," tulis FIFA lewat akun Twitter resmi mereka.

Dalam Kongres yang diikuti 209 anggota, hanya Indonesia yang sanksinya dicabut. Sementara untuk Benin dan Kuwait diperpanjang. Kedua negara itu harus menunggu nasib hingga Kongres FIFA 2017 mendatang.

FIFA menjatuhkan sanksi kepada Indonesia pada 30 Mei 2015, setelah pemerintah campur tangan dalam pengelolaan sepak bola, dengan memberikan sanksi administratif kepada PSSI.

Akibat sanksi itu, Timnas Indonesia absen dalam berbagai ajang internasional, mulai Piala AFF U-19, Piala AFF U-16, Piala AFF Futsal, dan kejuaraan sepak bola wanita. Satu-satunya ajang yang diikuti Indonesia adalah SEA Games 2015 di Singapura.

Selain absen dalam kejuaraan internasional, federasi sepak bola Indonesia tak bisa mendapat bantuan dari FIFA. PSSI juga tak bisa menggelar kursus lisensi pelatih dan wasit.

Keputusan diambil FIFA agaknya dipicu pengumuman resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, pada Selasa (10/5/2016) yang mengumumkan secara resmi mencabut SK pembekuan ke PSSI. Keputusan ini ditindak lanjuti PSSI dengan melaporkannya ke FIFA.

Otoritas sepak bola tertinggi dunia sebelumnya menyurati Pemerintah RI, soal komitmen mereka mencabut sanksi Indonesia jika PSSI dibebaskan dari sanksi pembekuan Kemenpora.

Video Populer

Foto Populer