Sukses


Sanksi FIFA Dicabut, AFC Sambut Hangat Kembalinya Indonesia

Bola.com, Kuala Lumpur - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyambut positif keputusan FIFA yang telah mencabut sanksi Indonesia. Pengumuman pencabutan sanksi yang sudah terjadi sejak 30 Mei 2015 itu dilakukan Presiden FIFA, Gianni Infantino saat Kongres Tahunan di Mexico City, Meksiko, Jumat (13/5/2016) waktu setempat.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa juga langsung berkomentar usai pencabutan sanksi FIFA tersebut. Dalam pernyataannya, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum FIFA itu menyambut hangat kembalinya Indonesia setelah hampir setahun disanksi otoritas tertinggi sepak bola dunia.

Seperti diketahui, sanksi FIFA dijatuhkan karena adanya intervensi dari pemerintah. Hal itu seiring munculnya Surat Keputusan Pembekuan PSSI yang dikeluarkan Menpora, Imam Nahrawi pada 17 April 2015.

"Kami menyambut baik keputusan Pemerintah Indonesia yang mencabut pembekuan terhadap sepak bola. Kami bisa menyambut mereka kembali dalam keluarga sepak bola Asia," kata Sheikh Salman.

"Namun, Komite Eksekutif kembali menegaskan tetap berperang melawan intervensi pemerintah dalam olahraga secara umum dan khususnya sepak bola."

Menurut Shaikh Shalman semangat melawan intervensi pemerintah itu sesuai dengan hasil pertemuan di Doha, Qatar pada Januari, Kuala Lumpur, Malaysia pada Maret. "Komite Eksekutif AFC di Mexico City membuat segalanya lebih jelas bahwa tidak ada tempat atau pembenaran soal intervensi pemerintah," ia menuturkan.

Setelah pencabutan sanksi FIFA ini, perwakilan resmi AFC direncanakan bertemu dengan perwakilan PSSI. Pertemuan ini digelar untuk berdiskusi mengenai langkah selanjutnya yang berhubungan dengan kompetisi.

 

Video Populer

Foto Populer