Sukses


Wawancara Hong Soon-hak: Persija, Bisbol, dan Cha Bum-kun

Bola.com, Jakarta - Gelandang enerjik Persija Jakarta, Hong Soon-hak sudah mulai beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. Ia kini sudah merasa nyaman bermain di Persija dalam turnamen jangka panjang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. 

Mantan pemain Suwon Samsung Bluewings itu menjadi pemain andalan di lini tengah Macan Kemayoran sejak awal musim ini. Performa yang apik membuatnya selalu menjadi pemain inti.

Hong yang ditemui bola.com selepas latihan Persija di Lapangan Villa 2000,Tangerang Selatan, Rabu (18/5/2016) kemarin, mengatakan bahwa dirinya sudah mulai bisa mengikuti gaya sepak bola Indonesia. 

Selain itu, Hong juga punya sisi lain di luar sepak bola. Pemain berusia 35 tahun itu sangat menyukai olahraga bisbol. Bisbol merupakan olahraga favorit masyarakat Korea selain sepak bola. 

Berikut petikan obrolan ringan bola.com dengan Hong sebelum ia dan Persija berangkat ke Serui pada Kamis (19/5/2016) kemarin.

Bagaimana Anda melihat sepak bola Indonesia?

Sepak bola Indonesia mengandalkan kecepatan dan saya harus mempersiapkan kondisi fisik yang bagus menjelang pertandingan. Selain itu atmosfernya juga bagus, penontonnya banyak. The Jakmania, pendukung kami, juga selalu memberikan semangat kepada pemain dengan cara yang luar biasa.

Apakah Anda sudah mulai lancar bekerja sama dan berkomunikasi dengan pemain Persija lainnya?

Ya, saya sudah mulai beradaptasi dengan pemain-pemain Persija, khususnyanya di lini tengah. Komunikasi dengan Amarzukih dan pemain lainnya juga sudah bagus di lapangan. Tinggal bagaimana kami bermain untuk membawa tim ini menang di setiap pertandingan.

Siapa pemain sepak bola favorit Anda?

Saya suka Cha Bum-kun. Kamu tahu kiprahnya? Dia pemain Korea yang paling sukses di Eropa. Pernah bermain di Bundesliga bersama dengan Eintracht Frankfurt dan juga Bayer Leverkusen. Buat saya dia lebih hebat dari Park Ji-sung. Cha Bum-kun juga pernah melatih saya sewaktu bermain di Suwon Samsung Bluewings. Dia legenda sepak bola Korea.

Apa olahraga favorit Anda selain sepak bola?

Tentu saja Bisbol karena hampir semua warga Korea menyukai olahraga ini. Bisbol olahraga utama di Korea selain sepak bola. Saya dulu setiap akhir pekan selalu bermain bisbol jika tidak sibuk dengan sepak bola. Liga bisbol di Korea juga semarak, apalagi jika Tigers yang bermain. Mereka klub bisbol tersukses di Korea.

Siapa pemain bisbol yang menjadi favorit Anda?

Seung-hwan Oh. Dia seorang pitcher (pelempar bola) yang populer di Korea . Sekarang dia bermain untuk klub kuat MLB (liga bisbol Amerika Serikat), St Louis Cardinals dan saya cukup sering mengikuti perkembangannya di MLB.

Video Populer

Foto Populer