Sukses


Kapten Timnas Percaya Diri Juara di Piala AFF 2016

Bola.com, Selangor - Indonesia bisa kembali berpartisipasi ke pentas futsal internasional setelah sanksi FIFA kepada PSSI dicabut pada 13 Mei 2016. AFF juga sudah melakukan pembagian grup turnamen futsal se-Asia Tenggara yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 31 Oktober-6 November 2016.

Sesuai hasil undian, skuat Garuda tergabung di Grup B bersama dengan Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos. Malaysia dan Myanmar patut diwaspadai Indonesia, terlebih lagi Myanmar yang sedang berkembang pesat di cabang futsal.

Malaysia punya sejarah bagus di dunia futsal Asia Tenggara. Kontestan Piala Dunia futsal tahun 1996 itu kini dilatih oleh Marcelo Serpa Coelho, pelatih asal Brasil yang memberi nuansa baru bagi dunia futsal Malaysia.  Tim Negeri Jiran ini bahkan sudah terbiasa dengan pola permainan futsal modern yang tidak lagi mengandalkan pola 1-2-1 dan lebih memakai 4-0.

Sementara itu di Grup A bercokol tim kuat Thailand dan Vietnam. Keduanya akan berhadapan dengan tim lemah seperti Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sedangkan Australia absen dari ajang Piala AFF edisi ke-13 ini karena sedang mempersiapkan tim untuk Piala Dunia 2016.

Indonesia yang sedang membangun kekuatan futsalnya kembali tentu harus beradaptasi dengan suasana pertandingan internasional. Maklum, laga terakhir timnas futsal terjadi pada 12 April 2015, saat meladeni klub asal Jepang, Badral Urayasu. Dalam laga tersebut, timnas Indonesia meraih hasil imbang 6-6.

Melihat hasil undian, pemain langganan timnas futsal Indonesia, Andriansyah Agustin optimistis dengan peluang Indonesia untuk bisa lolos ke final Piala AFF. Terlebih, timnas akan ditangani pelatih asing yang akrab dengan prestasi.

"Saya optimis Indonesia bisa melangkah jauh ke final dan bahkan juara. Hal itu bisa terjadi asal persiapan kami bagus. Tak perlu bermimpi tampil di Piala Asia atau Piala Dunia dulu karena saat ini kita punya target juara di Asia Tenggara. Tapi yang terpenting, para pemain senang Indonesia kembali bertanding di Piala AFF," jelas pemain yang akrab disapa Adom itu kepada bola.com.

Saat ini dua kandidat pelatih, Hossein Shams dan Victor Hermans Jacob dikabarkan sudah berkomunikasi dengan FFI. Bahkan Vic Hermans yang eks pelatih timnas futsal Thailand sudah hadir menyaksikan laga final Pro Futsal League 2016 di GOR UNY, Yogyakarta, Minggu (5/6/2016).

Berbeda grup dengan tim kuat seperti Thailand dan Vietnam merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Target juara memang sudah dicanangkan setiap tahun oleh FFI jika berpartisipasi di Piala AFF Futsal. Apalagi hanya Indonesia yang mampu juara  di Piala AFF Futsal selain Thailand dalam 12 kali gelaran turnamen yang dimulai pada tahun 2001 itu.

Pembagian Grup Piala AFF Futsal 2016

Grup A: Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, Timor Leste

Grup B: Malaysia, Myanmar, Laos, Singapura, Indonesia 

Daftar Juara Piala AFF Futsal

2001: Thailand

2003: Thailand

2005: Thailand

2006: Thailand

2007: Thailand

2008: Thailand

2009: Thailand

2010: Indonesia

2012: Thailand

2013: Thailand

2014: Thailand

2015: Thailand

Video Populer

Foto Populer