Sukses


Sergio van Dijk Bicara soal Alfred Riedl

Bola.com, Bandung - Satu lagi pemain memberi dukungan atas penunjukan Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia. Kali ini dukungan berasal dari striker naturalisasi dari Belanda, Sergio van Dijk. Bintang Persib Bandung itu menilai penunjukan Alfred sebagai pelatih timnas di Piala AFF 2016 sudah tepat.

Secara personal, Sergio juga menganggap Alfred sebagai sosok tepat untuk mengarsiteki Timnas Indonesia senior. Penyerang berkepala plontos itu tidak sembarang mendukung karena ia memiliki pertimbangan sendiri.

Ia pun menjelaskan alasan di balik dukungannya itu. Menurut Sergio, pelatih asal Austria itu sudah hafal dengan karakter permainan Indonesia karena sudah dua kali menukangi Tmnas Senior.

Pertama, Alfred melatih Timnas Senior pada 2010 dan finis sebagai runner-up di Piala AFF dan pada 2014 ketika Alfred gagal membawa Indonesia lolos dari penyisihan Grup A di perhelatan yang sama, yang digelar di Vietnam.

"Saya sepakat dengan penujukan Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia karena dia sudah bebeberapa kali menangani timnas sehingga sudah mengetahui karakter pemain di Indonesia," kata Sergio Van Dijk kepada bola.com.

Kendati Alfred sudah memahami karakter pemain Indonesia serta sudah pernah menangani Timnas, PSSI tidak boleh melupakan pentingnya persiapan. Agar tim besutan Alfred Riedl mampu bersaing di Piala AFF nanti, PSSI harus menyediakan beberapa uji coba dengan tim yang satu level.

"Tentunya karena waktu yang mepet, PSSI harus segera membentuk tim bersama Riedl dan dilanjutkan dengan menggelar sejumlah partai uji coba. Menurut saya kalau soal pemain bukan masalah, tapi kalau laga uji coba tidak dilakukan, tentu tidak akan bisa mengukur kekuatan tim. Tim nantinya perlu beberapa uji coba agar bisa berprestasi di Piala AFF," ujarnya.

Terkait kesiapan dirinya, Sergio menegaskan jika ia selalu siap membela Pasukan Garuda. Yang terpenting baginya memberikan kontribusi yang baik bagi tim di setiap laga yang nanti dilakoni timnas.

"Tentu saya sangat bangga jika mendapat panggilan dari Timnas Indonesia. Saya selalu siap membela Tim Merah-Putih kapan pun jika dipanggil," pungkas Sergio mengakhiri pembicaraan.

 

Video Populer

Foto Populer