Sukses


Malaysia Jelajahi Oceania, Indonesia Pantau Pemain

Bola.com, Jakarta - Para peserta Piala AFF 2016 terus menggenjot persiapan mereka jelang turnamen sepak bola di regional Asia Tenggara itu. Piala AFF direncanakan bergulir mulai 19 November-17 Desember, yang babak penyisihan grupnya digelar di Myanmar serta Filipina.

Terbaru, Malaysia sudah bertolak menuju negara-negara di kawasan Oceania untuk beruji coba dalam tajuk Jelajah Ocenia 2016. Timnas Malaysia di bawah pelatih Ong Kim Swee dijadwalkan menjajal timnas Papua Nugini pada 17 Juni 2016, Kaledonia Baru (22 Juni), dan Fiji (26/6/2016).

Pada Minggu (12/6/2016), tim Harimau Malaysia sudah tiba di Brisbane, Australia. Di sana, sebanyak 24 pemain yang dibawa dalam tur Ocenia ini akan berlatih beberapa hari sebelum bertolak ke Port Moresby.

Meski secara khusus dimaksudkan untuk membangun tim sebagai persiapan Piala AFF 2016 dan juga kualifikasi ketiga Piala Asia 2016, Ong Kim Swee menyebut melalui tiga uji coba ini diharapkan bisa mengatrol peringkat Malaysia di ranking FIFA.

Seperti diketahui, hasil pertandingan persahabatan internasional sesuai kalender FIFA akan masuk dalam koefisien penghitungan poin yang berpengaruh dalam ranking FIFA.

Per 2 Juli 2016, Malaysia menduduki ranking ke-173 di bawah Thailand, Vietnam, Singapura, dan Myanmar. Hal ini dianggap bukan suatu prestasi bagus oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) karena ranking FIFA menggambarkan kekuatan timnas sebuah negara.

Bila Malaysia disibukkan dengan agenda uji coba internasional, Indonesia baru pada tahap pencarian pemain. Hal ini bisa dimaklumi karena sejak sanksi FIFA dicabut, praktis Timnas Indonesia vakum. Penunjukan Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia baru dilakukan Jumat (10/6/2016) dan sejak itu Alfred langsung bergerak membentuk tim.

Tidak heran saat ini proses itu baru sampai pada tahap pemantauan pemain untuk mendapatkan pasukan yang tepat seperti yang diinginkan tim pelatih. Alfred sudah mulai safari ke kota-kota di Indonesia untuk memantau calon pemainnya.

Seperti dikabarkan, Alfred sudah mengantongi daftar 40 pemain yang disodorkan PSSI untuk diseleksi dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Keberadaan Alfred di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, saat laga Persija versus PS TNI (10/6/2016) dan di Gresik untuk melihat partai Persegres Gresik United kontra Sriwijaya FC (12/6/2016) dimaksudkan untuk melihat kondisi terkini para pemain yang ada dalam daftar itu.

Tetapi, tentu tidak menutup kemungkinan Alfred yang didampingi asisten pelatih Wolfgang Pikal dalam kunjungannya ke beberapa kota bakal menemukan pemain-pemain baru yang akan diundangnya menjalani seleksi.

 

 

Video Populer

Foto Populer