Sukses


Alfred Riedl akan Gelar 3 Tahapan TC untuk Seleksi 40 Pemain

Bola.com, Jakarta - Setelah resmi ditunjuk jadi pelatih Timnas Indonesia pada Jumat (10/6/2016), Alfred Riedl bergerak cepat dengan membentuk tim yang akan dilatihnya. Tugas pertamanya dalam waktu dekat adalah memilih tim pelatih serta para pemain yang akan ditempanya jelang Piala AFF 2016.

Alfred mengungkapkan sebelum diumumkan jadi pelatih Timnas Indonesia, ia sudah dikirimi PSSI daftar yang berisi 40 nama pemain calon penghuni Tim Garuda.

Terkait 40 nama itu, Alfred mengaku mayoritas pemain masih tampak asing baginya. Selain itu, lebih dari separuh pemain itu merupakan pemain muda.

"Saya cukup kaget ketika ditunjuk jadi pelatih timnas. Sebelumnya, saya tidak tahu masa depan PSSI setelah disanksi FIFA. Setelah saya dihubungi, saya dikirimi daftar 40 pemain cukup asing bagi saya dan separuhnya pemain usia muda," jelas Riedl kepada wartawan di Kantor PSSI.

Buat pelatih asal Austria itu, hal ini jelas jadi tantangan. Apalagi waktu yang dimilikinya tidak banyak. Pada November 2016, penyisihan grup Piala AFF 2016 sudah dimulai.

Sebelumnya PSSI memang memproyeksikan pemain dari timnas U-19 untuk mengisi slot pemain timnas. Hal itu disesuaikan dengan target prestasi yang dicanangkan dalam Asian Games 2018.

Untuk menyeleksi pemain, pelatih 66 tahun itu berencana menggelar pemusatan latihan dalam tiga tahap. "Masalah terbesar adalah kompetisi sedang berjalan dan persiapan yang mepet. Selain itu saya akan melakukan tiga kali pemusatan latihan untuk mengkerucutkan pemain agar menjadi jumlah yang ideal dengan turnamen," ungkapnya.

Sementara untuk tim pelatih, kemungkinan besar pilihan Alfred tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya, yakni ketika mengarsiteki Timnas Indonesia pada Piala AFF 2010 dan 2014. Itu berarti sosok Wolfgang Pikal bisa jadi akan kembali menduduki kursi asisten pelatih. 

 

Bicara target pencapaian di Piala AFF 2016, Alfred belum mau berbicara banyak. Mantan pelatih Timnas Vietnam itu masih harus melihat komposisi pemain yang dimilikinya dan juga melihat grup persaingan di Asia Tenggara.

"Tampaknya kita harus realistis pada Piala AFF kali ini karena kita juga belum mengetahui tergabung di grup mana  dan dengan siapa lawan yang akan dihadapi," tandasnya.

 

Video Populer

Foto Populer