Sukses


FFI Siapkan Daftar Calon Pemain Timnas untuk Pelatih Baru

Bola.com, Jakarta - Diam-diam tapi pasti, Federasi Futsal Indonesia (FFI) sudah bersiap jelang bergulirnya Piala AFF Futsal 2016 pada Oktober mendatang. Saat ini pelatih dari masing-masing klub Pro Futsal League(PFL) 2016 menyiapkan daftar nama pemain dalam timnya, yang nantinya akan diseleksi pelatih timnas futsal terpilih.

Futsal Indonesia langsung menggeber persiapan untuk ajang internasional yang masih bisa diikuti pasca terbebasnya PSSI dari sanksi FIFA pada 13 Mei 2016. Ajang terdekat adalah Piala AFF 2016 dan Piala AFC U-20 2017.

Tetapi, hingga kini FFI belum menetapkan pelatih timnas futsal. Sebelumnya nama pelatih Iran, Hossein Shams, jadi kandidat kuat. Namun dalam perkembangan terakhir, pelatih timnas Thailand, Vic Hermans Jacob, menjadi kandidat paling serius setelah terlihat hadir pada laga final PFL 2016 bulan lalu.

Meski hingga saat ini Ketua FFI, Harry Tanoesibjo, belum menentukan pelatih, program persiapan Piala AFF terus berjalan. Sekjen FFI, Edhi Prasetyo, menegaskan saat ini tim pelatih sedang menyiapkan nama pemain yang layak mengikuti seleksi.

"Nanti nama-nama pemain yang dipilih tim pelatih dari setiap klub disodorkan kepada pelatih timnas futsal yang baru. Jadi hak pelatih terpilih untuk menentukan pemain yang masuk pemusatan latihan. Bisa tetap dari daftar pemain yang sudah ada atau dia mau ambil pemain di luar daftar, itu menjadi kebijakan pelatih nantinya," ujar Edhie kepada Bola.com.

Kandidat pemain calon penghuni timnas diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya. Akan tetapi, diyakini pula bakal terdapat nama baru seiring dengan berkembangnya pemain-pemain muda di PFL seperti Ardiansyah Runtuboy, Farhan Rizky Eki, Nandy Sukma ataupun Muhammad Iksan.

Target yang ditetapkan FFI pun tergolong tinggi, yakni juara. Tentu ini akan menjadi pekerjaan berat bagi pelatih anyar timnas, mengingat Indonesia sudah setahun absen dalam percaturan futsal internasional.

Walau begitu, Edhie tetap yakin dengan target juara. Indonesia selalu menjadi penantang kuat untuk menjatuhkan dominasi futsal Thailand di Asia Tenggara. "Untuk apa ikut Piala AFF jika tidak punya target tinggi. Semoga nanti kami bisa mencapai target tersebut," tandasnya.

 

Video Populer

Foto Populer