Sukses


Kemenpora: PSSI Belum Ajukan Permohonan Dana Timnas

Bola.com, Jakarta Kemenpora RI melalui Kepala Komunikasi Publik, Gatot S. Dewa Broto, mengungkapkan bila hingga saat ini belum ada permohonan bantuan dana untuk operasional Timnas Indonesia yang diajukan PSSI.

PSSI, seperti disampaikan Plt. Ketua Umum Hinca Panjaitan, beberapa waktu lalu mengakui bila kas PSSI cukup minim menyusul sanksi pembekuan dari pemerintah dan FIFA yang dijalani lebih dari setahun.

Tanpa timnas yang bisa bertanding akibat sanksi itu, PSSI kehilangan sumber pemasukan seperti dari hak siar televisi serta tiket masuk pertandingan.

Minimnya kas itu harus segera dicarikan solusi mengingat sebentar lagi PSSI membutuhkan banyak dana untuk mempersiapkan timnas senior dan timnas U-19 yang akan tampil masing-masing di Piala AFF dan Piala AFF U-19 2016.

Hanya, Gatot menjelaskan, sekalipun PSSI nantinya mengajukan permohonan dana bantuan, Kemenpora harus menyikapi hal itu dengan bijak. Kemenpora dipastikan akan mencermati terlebih dahulu proposal yang nantinya diajukan federasi sepak bola Indonesia itu.

"Sejauh ini belum ada permohonan dari PSSI. Kami juga harus melihat anggaran dulu jika menerima permohonan PSSI, apalagi anggaran kami sudah terpotong banyak," ujar Gatot kepada Bola.com, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (28/6/2016).

Tindakan Kemenpora itu tentu wajar mengingat dari total APBN tahun 2016, Rp 3,4 triliun, 59 persennya sudah terpakai untuk program olahraga dan kepemudaan seperti turnamen sepak bola dan memperkuat prestasi untuk Asian Games 2018

Selain itu, 1,2 persen juga akan digunakan untuk perbaikan fasilitas dan sarana keolahragaan. Kemenpora juga menganggarkan dana sebesar Rp 500 miliar untuk renovasi sejumlah venue di kompleks Gelora Bung Karno.

Melihat program yang sudah dicanangkan Kemenpora, sisa anggaran untuk persiapan timnas di Piala AFF diprediksi tidak akan besar.

Menyikapi kemungkinan pahit  tanpa bantuan pemerintah, Hinca Panjaitan menjelaskan PSSI akan mencoba mencari aliran dana dari pihak ketiga, yakni sponsor.

"Kami akan berkomunikasi dengan pemerintah dalam hal ini Kemenpora, meski kami mengetahui kondisi keuangan pemerintah tidak terlalu baik. Jika memang ditolak, kami akan terus bekerja untuk bisa menyukseskan program timnas di Piala AFF nanti," kata beberapa waktu yang lalu di Kantor PSSI, Jakarta.

 

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer