Sukses


Bukti Timnas Indonesia Bukan Unggulan di Piala AFF 2016

Bola.com, Jakarta - Indonesia cukup beruntung tidak harus tampil di Piala AFF 2016 dari jalur kualifikasi. Pasalnya, vakumnya Indonesia dari pentas sepak bola internasional lebih dari setahun lamanya akibat sanksi pemerintah dan FIFA cukup memengaruhi penilaian terhadap Timnas Indonesia

Secara khusus, di regional Asia Tenggara, Indonesia bukan lagi dianggap sebagai kekuatan utama. Sebagai buktinya, Timnas Garuda ditempatkan di pot keempat dalam pengundian Piala AFF 2016 yang akan digelar di Yangon, Myanmar, pada 2 Agustus 2016.

Keberadaan Indonesia di pot keempat itu juga menyiratkan Tim Merah-Putih bukanlah unggulan di Piala AFF 2016. Pasalnya, sesuai penilaian AFF, tim unggulan utama berada di pot kedua, yang dihuni Thailand dan Malaysia.

Thailand dan Malaysia jadi unggulan utama berkat hasil yang dicapai di Piala AFF edisi sebelumnya, 2014. Keduanya tampil di final yang digelar dengan sistem kandang-tandang. Thailand akhirnya merengkuh gelar juara setelah mengalahkan Malaysia dengan agregat skor 4-3.

Kemudian di pot pertama ada dua tuan rumah di fase penyisihan, Myanmar dan Filipina. Pot ketiga diisi Singapura dan Vietnam. Indonesia berada di pot keempat bersama tim pemenang dari fase kualifikasi yang diikuti Laos, Timor-Leste, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Selain karena baru saja menjalani sanksi, pencapaian Indonesia di Piala AFF 2014 menegaskan bila tim asuhan pelatih Alfred Riedl ini wajar berada di pot terakhir. Di Piala AFF edisi sebelumnya, Zulham Zamrun dkk. kandas di fase penyisihan Grup A, kalah bersaing dengan Vietnam dan Filipina yang melaju ke semifinal.

Alhasil, keberadaan Indonesia di pot keempat membuat Indonesia dipastikan akan segrup dengan salah satu dari Thailand atau Malaysia. 

Secara khusus, di atas kertas, saat ini Thailand jadi momok negara di ASEAN lantaran kekuatannya yang tak akan mudah ditaklukkan. Seluruh peserta Piala AFF 2016 bisa dibilang tidak ingin bertemu dengan tim asuhan pelatih Kiatisuk Senamuang itu.

Hal itu berarti Malaysia boleh jadi tim yang paling beruntung karena keberadaan satu pot dengan Thailand membuat mereka terhindar dari pertemuan dini dengan timnas Negeri Gajah Putih itu.

Di sisi lain, pertemuan Indonesia dengan salah satu dari timnas Thailand atau timnas Malaysia diprediksi menjanjikan duel seru, terlebih dengan Malaysia, yang selama ini jadi seteru panas.  

 

 

 

Video Populer

Foto Populer