Sukses


Alasan Singapura TC dan Uji Coba di Jepang Jelang Piala AFF

Bola.com, Singapura -A Timnas Singapura di bawah asuhan pelatih V. Sundramoorthy melanjutkan pemusatan latihan (pelatnas) jelang Piala AFF 2016 di Niigata, Jepang. Pelatnas di Negeri Matahari Terbit ini dilangsungkan pada 18-26 Juli 2016.

Sebelumnya, sebanyak 25 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pelatnas sekaligus seleksi proyeksi Piala AFF 2016 sudah bergabung sejak Senin (11/7/2016) untuk berlatih di kawasan Geylang, Singapura.

Di Niigata, Daniel Bennett dkk. tidak hanya akan berlatih namun juga beruji coba dengan tiga klub lokal. Salah satunya, Albirex Niigata, yang tercatat sebagai peserta J-League 2016-2017. Selain dengan klub J-League itu, skuat The Lions juga beruji coba dengan dua tim lokal lain, yang jadwalnya masih akan ditentukan kemudian.

Seperti dilansir di situs resmi FAS (Asosiasi Sepak Bola Singapura), pemilihan Jepang sebagai lokasi pelatnas dan uji coba bukan tanpa alasan. "Kami memilih berlatih di pusat latihan milik Albirex karena fasilitas latihan di sangat bagus. Uji coba nanti (melawan Albirex Niigata) akan sangat menarik dan saya percaya pertandingan nanti akan sangat intens," ujar pelatih 50 tahun itu.

"Bermain melawan Albirex, yang tampil di J-League, pasti jauh lebih sulit dari apa yang biasanya pemain hadapi. Hal ini bagus sebagai persiapan Piala AFF karena gaya bermain mereka cukup mirip dengan Thailand, Myanmar, atau bahkan Vietnam," imbuh pelatih yang biasa disapa Sundram itu.

Uji coba melawan klub-klub Jepang, khususnya Albirex, dinilai bagus untuk menguji kemampuan dan melihat bagaimana skuat the Lions bisa menghadapi kecepatan dan teknik yang diperlihatkan lawan.

Secara khusus, Sundram melalui pelatnas dan uji coba di Niigata, kota yang terletak di Jepang bagian utara ini, adalah untuk membiasakan pemain dengan tanggung jawab spesifik mereka di lapangan dan mengembangkan hubungan antarpemain dalam tim.

"Kami sedang memperbaiki peran individu pemain, apa yang mereka lakukan dengan tanpa bola," lanjut pelatih lokal pertama Timnas Singapura itu sejak 16 tahun terakhir itu.

Dalam pot pengundian Piala AFF, Timnas Singapura tergabung di pot tiga bersama Vietnam. Itu berarti, the Lions berpeluang tergabung dengan Timnas Indonesia yang berada di pot empat dalam penyisihan grup yang digelar mulai 19 November 2016 di Myanmar dan Filipina. (Gregorius Aryodamar Pranandito)

 

Video Populer

Foto Populer