Sukses


Singapura Uji Pemain Anyar dalam Pelatnas Jelang Piala AFF 2016

Bola.com, Singapura - Di saat Alfred Riedl masih berburu pemain untuk mengisi Timnas Indonesia, timnas negara tetangga terus menggenjot persiapan jelang Piala AFF 2016.

Bila Malaysia pada Rabu (22/6/2016) ini berhasil menang 2-1 atas Kaledonia Baru dalam partai uji coba, Singapura punya agenda lain. Singapura, seperti dilansir dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS), menguji beberapa pemain baru yang dinilai pantas masuk timnas.

Pelatih timnas Singapura, V. Sundramoorthy, memanggil empat pemain baru untuk dijajal kemampuannya dalam sesi pemusatan latihan yang digelar di Geylang Training Centre pekan ini.

Empat pemain yang mendapat kesempatan untuk memikat hati sang pelatih, semisal Shannon Stephen (bek/Garena Young Lions), Abdil Qaiyyim (bek/Home United), Hafiz Noh (gelandang/Warriors FC), Iqbal Hussain (penyerang/Hougang United). Mereka akan dijajal selama satu pekan ke depan.

"Sangat penting untuk menggelar pelatihan secara teratur sebagai bagian dari persiapan Piala AFF 2016. Hal ini juga memberi saya kesempatan untuk melakukan pendekatan dengan sejumlah pemain secara personal," kata pelatih 50 tahun itu.

"Saya sudah memanggil Shannon, Abdil, dan Iqbal untuk berlatih dengan timnas dan saya ingin memberikan kesempatan bagi setiap pemain yang secara konsisten menunjukkan performa apik di S-League," imbuh pelatih yang baru menjabat sejak akhir Mei lalu itu.

Mantan pelatih LionsXII itu menegaskan ia masih akan membuka kesempatan untuk mengundang pemain yang bersinar di S-League dalam skuat besutannya dalam rangka mendapatkan komposisi pemain terbaik di Piala AFF 2016.

Kebijakan ini mendapat sambutan baik dari para pemain. "Saya sangat gembira diberi kesempatan berlatih dengan timnas dan saya akan menggunakan peluang ini untuk belajar sebanyak mungkin dari para senior," kata Shannon Stephen, yang baru kali pertama dipanggil dalam pemusatan latihan.

Kegembiraan juga dirasakan Abdil Qaiyyim. "Saya berterima kasih pada pelatih Sundram yang sudah memberikan kesempatan pada saya untuk membuktikan diri. Saya akan buktikan bila saya pantas berada di timnas dengan cara terus tampil bagus di kompetisi domestik," ujar pemain 27 tahun itu.

Singapura dalam tekanan pada Piala AFF 2016 ini karena meski tercatat sebagai negara pengoleksi gelar terbanyak pada turnamen sepak bola regional ASEAN bersama Thailand, The Lions mengalami penurunan performa semenjak ditinggal pelatih bertangan dingin, Radojko Avramovic, pada 2012 serta beberapa pemain senior semacam Aleksandar Duric.

Fakta lain, V. Sundramoorthy merupakan pelatih lokal pertama di timnas Singapura dalam 16 tahun terakhir. Pelatih lokal terakhir yang membesut The Lions adalah Vincent Subramaniam, yang duduk di kursi panas pada pada 1998-2000.

 

Video Populer

Foto Populer