Sukses


FFI Gelar Pelatnas Tim Wanita pada November 2016

Bola.com, Jakarta - Setelah Jaya Kencana Angels menjuarai Piala AFF Antarklub 2016, futsal wanita Indonesia bersiap untuk ajang internasional selanjutnya, yakni Kualifikasi Piala AFC pada Februari 2017. Mereka akan dikumpulkan pada November untuk menjalani pelatnas.

Hal tersebut diungkapkan langsung Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhie Prasetyo, saat menyambut Jaya Kencana Angels di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (18/7/2016). Edhie mengungkapkan pemain timnas yang mayoritas memperkuat JK Angels harus bersiap menjalani pelatnas.

"Mereka harus siap menjalani pelatnas pada November nanti. Kami akan menghadapi beberapa turnamen internasional," ujar Edhie Prasetyo, yang juga menjabat sebagai Divisi Marketing PSSI.

Pada pelatnas FFI akan menjalani program uji coba rutin dengan berbagai klub dan tidak menutup kemungkinan untuk melakukan uji coba internasional.

Piala AFC 2017 merupakan ajang pertama bagi timnas wanita Indonesia setelah PSSI terbebas dari sanksi FIFA. FFI memang sedang membangun fondasi kuat bagi futsal Indonesia agar mendapatkan prestasi tinggi di Internasional.

Salah satunya perekrutan pelatih. FFI memiliki kecenderungan menggunakan jasa pelatih asing untuk menangani Timnas Indonesia. Namun, syarat tinggi dicanangkan FFI, yakni pelatih harus eks pelatih timnas negara lain yang berprestasi.

Selain itu, pelatih timnas nantinya akan mengelola seluruh timnas futsal Indonesia, baik itu senior, U-20 hingga timnas wanita. Hal itu diambil sebagai langkah untuk menyamakan kurikulum futsal bagi semua timnas. Namun, hingga saat ini FFI belum menentukan siapa pelatih timnas futsal Indonesia.

"Pelatih asing akan menransfer ilmu ke pelatih lokal. Jadi nanti asisten-asisten pelatih, harus pelatih kita sendiri. Kami akan bantu dengan nama-nama asistennya nanti, karena pelatih baru belum tahu siapa saja pelatih-pelatih yang ada di Indonesia," tandas Edhie.

Agenda timnas futsal Indonesia selanjutnya adalah Piala AFF 2016 putra yang akan digelar Oktober. Untuk kategori putri, berlangsung pada akhir Juli hingga awal Agustus 2016. Hanya, Indonesia tidak terdaftar lantaran ketika pendaftaran masih terbelenggu sanksi. Pada tahun depan, Piala AFC U-20 dan Kualifikasi Piala AFC 2017 wanita menjadi agenda yang harus diikuti.

 

 

Video Populer

Foto Populer