Sukses


Filipina Bidik Uji Coba Vs Kosta Rika dan Kanada demi Juarai AFF

Bola.com, Manila - Filipina tidak main-main dengan target menjuarai Piala AFF 2016 setelah dalam tiga edisi sebelumnya mereka berstatus sebagai semifinalis. Kepercayaan diri the Azkals, julukan timnas Filipina, meninggi karena di fase penyisihan grup mereka jadi tuan rumah.

Demi mewujudkan target itu, berbagai persiapan terus dilakukan termasuk menggelar sejumlah laga uji coba dengan klub maupun timnas negara lain. Kirgizstan sudah dipastikan jadi lawan Filipina dalam laga persahabatan internasional yang dimainkan pada 16 September dan 9 November dengan format kandang tandang.

Manajer timnas Filipina, Dan Palami, mengungkapkan Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) masih mengupayakan laga persahabatan internasional lain. Palami menyebut perempat finalis Piala Dunia 2014, Kosta Rika, dan Kanada bakal jadi lawan Philip Younghusband dkk. Rencananya, dua uji coba itu digelar pada Oktober 2016.

Sementara pada Kamis (21/7/2016) ini, timnas Filipina dijadwalkan beruji coba dengan klub Australia, Perth Glory FC, di Stadion Quirino, Vigan.

Pada uji coba ini the Azkals tidak didampingi Thomas Dooley yang izin menyelesaikan urusan personal di Amerika Serikat. Pelatih yang kontraknya baru diperpanjang oleh PFF hingga 2018 itu sudah mendelegasikan tugasnya pada sang asisten pelatih, Aris Caslib.

Dooley menugasi staf pelatihnya untuk mencermati permainan deretan pemain anyar yang dipanggil dalam persiapan jelang Piala AFF kali ini. Beberapa dari mereka sebelumnya tercatat sebagai bagian timnas U-23.

Para pemain baru di timnas senior ini diharapkan bisa menunjukkan penampilan terbaik karena inilah kesempatan mereka unjuk gigi. Pasalnya, beberapa pemain langganan timnas absen lantaran tidak dilepas klub masing-masing. Semisal empat pemain Ceres-La Salle, mengingat uji coba ini tidak termasuk kalender FIFA.

Pemain yang dipastikan bergabung dengan timnas Filipina dalam uji coba kontra Perth Glory di antaranya James Younghusband, Phil Younghusband, Fitch Arboleda, Shirmar Felongco, Jess Melliza, Carlo Tacusalme, Ashley Flores, Simone Rota, Miguel Tanton, Amani Aguinaldo, Misagh Bahadoran, Dennis Villanueva, dan Nick O'Donnell.

"Kami sebenarnya menginginkan semua pemain hadir, tetapi dengan situasi sekarang, kami hanya ingin uji coba ini bermanfaat sebaik mungkin dengan pemain terbaik yang ada. Kami sangat gembira melihat para pemain baru (di tim)," kata Dan Palami, seperti dikutip dari Inquirer.  

Di pihak lain, ketidakjelasan perihal pemusatan latihan masih menyelubungi Timnas Indonesia. Rencananya, baru pada Jumat (22/7/2016), PSSI, operator ISC, dan klub bertemu untuk membahas persiapan Tim Garuda, termasuk status turnamen bila pelatnas digelar serta metode pelepasan pemain.

 

 

Video Populer

Foto Populer