Sukses


Naturalisasi Jalan di Tempat, Esteban Vizcarra Lewatkan Piala AFF

Bola.com, Malang - Sejak bergabung dengan Arema Cronus pada pengujung 2015, gelandang asal Argentina, Esteban Vizcarra, makin serius menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dengan dibantu manajemen tim berjulukan Singo Edan tersebut, pemain 30 tahun itu sudah menyerahkan semua berkas untuk mendapatkan paspor Indonesia lewat proses naturalisasi.

Namun hingga kini, belum ada kelanjutan kapan dia akan menjalani sumpah untuk jadi WNI. Vizcarra kini mulai fokus bersama Arema merengkuh target juara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Dengan kondisi itu, peluang Vizcarra untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016 yang digeber mulai 19 November-17 Desember, sangat tipis karena timnas yang dibesut Alfred Riedl merencanakan pemusatan latihan, kemungkinan pada Agustus 2016. Para pemain yang akan dipanggil juga sudah dipantau sejak Juni 2016.

"Saya masih belum tahu perkembangannya seperti apa. Tapi, kemungkinan masih lama (untuk jadi WNI)," jawab Vizcarra.

Sebenarnya dari segi persyaratan, berkas mantan pemain Semen Padang ini sudah memenuhi karena dia beristrikan wanita Indonesia dan dikaruniai seorang putra.

Selain itu, Vizcarra hampir delapan tahun tinggal dan bermain di Indonesia (syaratnya harus minimal lima tahun tinggal berturut-turut di Indonesia). Lagu kebangsaan dan Pancasila juga sudah dihafalkannya sehingga kini dia tinggal menunggu pemanggilan untuk sumpah.

Terpisah, CEO Arema Iwan Budianto justru masih belum memberikan tanggapan tentang proses naturalisasi Vizcarra. Namun beberapa waktu lalu, dia mengaku siap membantu sang pemain untuk jadi WNI.

Di skuat Arema saat ini, sudah ada dua pemain naturalisasi yaitu Cristian Gonzales dan Raphael Maitimo. Akan menguntungkan jika Vizcarra masuk dalam kategori pemain lokal karena Arema bisa mencari pemain asing lagi untuk memenuhi kuota.

 

Video Populer

Foto Populer