Sukses


Alasan Tim Pelatih Timnas Belum Panggil Semua Pemain Naturalisasi

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 47 pemain yang akan diseleksi untuk Timnas Indonesia sudah diumumkan oleh PSSI. Dari daftar tersebut hanya ada satu pemain naturalisasi yang dipanggil, yakni gelandang Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan.

Sementara, Irfan Bachdim yang juga masuk daftar bukan pemain naturalisai. Irfan memilih berpaspor Indonesia pada tahun 2010 atas keinginan sendiri.

Nama seperti Cristian Gonzales, Sergio van Dijk, RaphaelMaitimo, VictorIgbonefo, Stefano Lilipaly, dan Greg Nwokolo terlempar dari 47 pemain seleksi timnas. 

Asisten pelatih timnas Wolfgang Pikal mengatakan, pemain naturalisasi tetap bisa memperkuat Timnas Indonesia. Namun, saat ini Alfred Riedl sedang fokus untuk memantau pemain muda yang memang diinginkan oleh PSSI.

“Alfred sedang utamakan pemain-pemain muda. Jadi periode ini, pelatih ingin melihat performa mereka terlebih dahulu,” ujar Pikal kepada Bola.com.

Sistem pemilihan pemain juga tak baku dengan hanya dari daftar 47 pemain saja. Tim pelatih berhak mengambil pemain yang belum terpantau selama masa seleksi. Bisa jadi, pemain asing akan diambil dalam periode akhir pada bulan Oktober mendatang, jika memang dibutuhkan.

“Pemain lain di luar seleksi tetap dipantau, tapi sekarang ini kami harus fokus untuk pemain muda,” lanjut eks pelatih PSM Makassar tersebut.

Pada periode kedua, semua pemain yang terpilih akan masuk dalam sesi pemusatan latihan. Di periode Oktober inilah, peraturan maksimal dua pemain dari setiap klub akan berlaku.

Kebijakan ini merupakan mandat dari PSSI yang ingin pasukan timnas banyak diisi oleh pemain muda. Hal itu dilakukan untuk memberikan jam terbang agar pemain muda siap pakai pada Asian Games 2018 di Indonesia.

 

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer