Sukses


Malaysia Lega Tak Gabung Grup Maut di Piala AFF

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih Timnas Malaysia, Ong Kim Swee, yang dibebani target merebut gelar juara Piala AFF 2016 boleh menarik nafas lega. Hasil pengundian grup menempatkan Malaysia di Grup B, yang dianggap lebih ringan ketimbang Grup A.

Grup B Piala AFF 2016 dihuni Malaysia, Vietnam, pemenang fase kualifikasi, serta tim tuan rumah Myanmar. Sementara Grup A berisi tim tuan rumah Filipina, juara bertahan Thailand, Singapura (juara empat kali Piala AFF), dan Indonesia yang punya tradisi kuat jadi finalis Piala AFF.

Media massa Malaysia menggambarkan kelegaan itu lewat tulisan-tulisan mereka. Namun, alih-alih lega, Ong Kim Swee mengajak publik Negeri Jiran untuk tetap realistis dan tidak kelewat gembira. Pasalnya, di balik kelegaan itu, tetap terselip beban lantaran tim pesaing di Grup B tetap tak bisa dianggap enteng.

Kim Swee menilai kekuatan timnas di regional Asia Tenggara cukup setara, kecuali Thailand yang dianggap setingkat lebih tinggi.

"Meski beberapa menilai kami berada di grup ringan, saya merasa sebaliknya. Myanmar dan Vietnam selalu jadi tim kuat, terutama Myanmar yang bermain di rumah sendiri," kata Kim Swee, seperti dikutip di The Star, Rabu (3/8/2016).

"Myanmar akan menuntaskan kompetisi domestik dalam tiga pekan ini dan setelah itu punya waktu dua hingga tiga bulan untuk mempersiapkan timnas. Jadi, saya pikir mereka jadi favorit," lanjutnya.

"Vietnam selalu jadi lawan sulit, jadi saya berharap selama turnamen kami didukung pemain terbaik. Dengan pikiran positif, kami meyakini bisa lolos dari fase penyisihan grup," imbuh eks pelatih timnas Malaysia U-23 itu.

Di sisi lain, pelatih 42 tahun itu mengaku cukup senang dengan jadwal yang dianggap sedikit berpihak pada skuatnya. Pada laga pertama, 20 November 2016, Malaysia bertemu tim pemenang dari fase kualifikasi. Kim Swee berujar menjalani laga perdana dengan tim juara kualifikasi lebih baik daripada langsung bertemu di antara Myanmar atau Vietnam terlebih dulu.

"Lebih baik berpikir lolos dari fase kualifikasi dulu daripada berandai-andai siapa lawan yang ingin kami hadapi di semifinal. Yang terpenting adalah kami harus tampil konsisten selama turnamen," ucapnya.

Dalam tiga edisi terakhir, timnas Malaysia tampil di final Piala AFF. Pada edisi 2010 mereka memenangi gelar juara setelah menumbangkan Indonesia, lalu pada 2012 mereka terhenti di semifinal, dan di edisi 2014 Timnas Harimau Malaysia kembali berlaga di laga puncak namun tumbang dari Thailand.

Video Populer

Foto Populer