Sukses


Thailand Pastikan Kiatisuk Senamuang Dampingi Timnas di Piala AFF

Bola.com, Bangkok - Kiatisuk Senamuang diputuskan Komite Teknik Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk tetap mengawal timnas Thailand yang akan berlaga di Piala AFF 2016. Kepastian itu disampaikan Ketua Komite Teknik FAT, Witthaya Laohakul, setelah mengadakan pertemuan pada Jumat (5/8/2016) di Bangkok.

Kiatisuk, yang baru menerima perpanjangan kontrak selama satu tahun ke depan pada akhir Mei lalu, diplot lebih fokus memegang timnas senior kendati ia menginginkan bisa menduduki jabatan pelatih di semua level timnas.

"Tapi, tentu hal itu tak mungkin. Jadi, kami sudah membahas hal ini dan memutuskan Kiatisuk jadi pelatih kepala di turnamen regional AFF," ujar Witthaya seperti dikutip di Bangkok Post (5/8/2016).

Posisi Kiatisuk jadi pembahasan karena pelaksanaan Piala AFF hampir berbarengan dengan kualifikasi Piala Dunia 2018 putaran ketiga zona Asia, yang juga dijalani Thailand. Bahkan, pertandingan kelima untuk memperebutkan tiket ke Rusia, melawan Australia, digelar lima hari sebelum laga pertama di penyisihan Grup A Piala AFF melawan Indonesia pada 19 November 2016.

Hal itu membuat FAT sempat menyiapkan opsi meminta Kiatisuk lebih fokus menangani timnas Thailand level "A" dan hanya memberikan instruksi atau pengawasan untuk timnas yang akan diterjunkan di Piala AFF pada asistennya.

Kebijakan semacam ini pernah diterapkan pada SEA Games 2015. Ketika itu FAT mendelegasikan tugas Kiatisuk kepada asisten pelatih Choketawee Promrut untuk mendampingi Timnas Thailand U-23 di SEAG 2015 Singapura karena Kiatisuk diminta fokus menangani timnas senior di kualifikasi Piala Dunia 2015.

Hasilnya, kendati tanpa Kiatisuk yang mendampingi secara langsung, timnas Negeri Gajah Putih tetap sukses menyabet medali emas SEAG 2015. Kini, FAT akhirnya mengambil keputusan agar timnas yang turun di Piala AFF edisi ke-11 tahun ini, tetap ditangani Kiatisuk.

"Lantaran penyelenggaraan Piala AFF sangat berdekatan dengan kualifikasi Piala Dunia, kami berpikir Kiatisuk bisa merotasi pemain dengan lebih baik sehingga kami bisa menggunakan pemain terbaik pada laga-laga penting," kata Witthaya, menjelaskan alasan FAT.

Hanya, bila ada terjadi kejadian tidak terduga dalam perjalanan, posisi Kiatisuk sebagai pelatih timnas Thailand di Piala AFF 2016 akan digantikan pelatih timnas Thailand U-21, Worawut Srimakka.

"Ada keinginan kuat bila kami harus meningkatkan level kami hingga ke Asia. Untuk mencapai hal itu, kami harus melihat ke luar level ASEAN," tegas Witthaya mengungkapkan dasar pemikiran FAT mengenai prioritas tugas Kiatisuk Senamuang di timnas Thailand.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer