Sukses


Percepat Coret Pemain, Alfred Riedl Ingin TC Akhir di Karawaci

Bola.com, Bogor - Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl berencana menggelar pemusatan latihan akhir di Lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawai, Tangerang, sebelum Piala AFF 2016. Saat ini, tim pelatih baru memulai seleksi gelombang pertama yang diikuti 24 pemain di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Menurut Alfred, pemusatan latihan akhir yang rencananya diikuti sekitar 25 pemain sangat ideal digelar di Karawaci. Selain kualitas lapangan yang bagus, timnas juga bisa memilih karena ada tiga lapangan di sana, yakni dua di Sekolah Pelita Harapan dan satu lagi di area Universitas Pelita Harapan. 

"Di Pakansari juga cukup bagus untuk seleksi, tapi saya ingin untuk pemusatan latihan lanjutan digelar di Karawaci. Karena di sana (Karawaci) ada tiga lapangan, dekat dengan hotel dan pusat perbelanjaan," kata Alfred usai sesi latihan pada Selasa (9/8/2016) sore di Stadion Pakansari, Bogor. 

Faktor lingkungan di Karawaci (kompleks Lippo dan sekitarnya) juga membuat Alfred dan pemain merasa nyaman. Pada tahun 2014, lapangan itu memang menjadi pilihan utama timnas saat menggelar latihan.

 

Soal kedekatan dengan pusat perbelanjaan juga jadi pengaruh. Meski terkesan sepele, dalam pemusatan latihan pemain juga membutuhkan tempat untuk berbelanja atau sekadar melepas penat.

Sebenarnya, di kawasan sekitar Stadion Pakansari juga terdapat fasilitas penunjang yang bagus, terutama hotel. Lokasi hotel Lorin Sentul yang jadi tempat menginap pemain seleksi hanya berjarak tujuh kilometer, bisa ditempuh 20 menit perjalanan. 

"Di Bogor juga bagus, tetapi kami pikir Karawaci paling sesuai untuk menggelar pemusatan latihan lanjutan," imbuhnya.

Seleksi pemain akan berakhir pada 17 Agustus 2016. Pada saat itu, tim pelatih sudah memantau secara langsung 47 pemain. Pada gelombang dua nanti, jumlah pemain yang diseleksi 28 orang. Sebanyak 18 pemain memang dijadwalkan seleksi gelombang dua ditambah lima pemain yang absen pada gelombang pertama.

Alfred Riedl menambahkan, tim pelatih berencana mempercepat proses eliminasi pemain. Semula, Alfred akan memanggil 35 pemain satu bulan menjelang Piala AFF bergulir. Namun, hal itu dirasa kurang ideal karena kuota pemain untuk ajang dua tahunan itu 25 orang. Soal tanggal penentuan jumlah pemain akan dibahas setelah seleksi gelombang kedua berakhir. 

"Secepatnya setelah proses seleksi ini selesai kami akan mengurangi jumlah pemain. Mungkin sekitar 25 orang," katanya.

Jumlah itu (25 pemain) yang akan disiapkan untuk uji coba melawan Malaysia di Sidoarjo pada 6 September. Setelah itu, pemain akan menjalani pemusatan latihan akhir selama enam pekan (lokasi yang dinginkan Alfred Riedl di Karawaci). 

Berikut keterangan jumlah pemain yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia:

Gelombang I (9-10 Agustus)

24 pemain (Andik Rendika Rama, Ambrizal Umanailo, Achmad Jufriyanto, Ichsan Kurniawan, dan Rahmat Hidayat, Evan Dimas, Ahmad Alfarizi, Lerby Eliandry, Septian David Maulana, Syahroni, Manahati Lestusen, Irfan Bachdim, Bayu Pradana, Boaz Solossa, Dominggus Fakdawer, Syaiful Indra, Ryuji Utomo, Adam Alis Setyano, Rizki Rizaldi Pora, Wanda Syahputra, Zulfiandi, Kurnia Meiga, Shahar Ginanjar, dan Dian Agus Prasetyo)

Gelombang II (16-17 Agustus)

23 pemain (Teja Paku Alam, Andritany Ardhiyasa, I Made Wirawan, Ricky Fajrin Saputra, Rudolf Yanto Basna, Muhammad Abduh Lestaluhu, Fachrudin Wahyudi Aryanto, I Putu Gede Juni Antara, Fadhil Sausu, Kim Jeffey Kurniawan, Zulham Malik Zamrun, Novri Setiawan, Andik Vermansah, Irsyad Maulana, Vendry Ronaldo Mofu, Dendy Sulistyawan, Samsul Arif Munip, Hansamu Yama, Syahrizal Syabuddin, Muhammad Hargianto, Bayu Gatra, dan Hendro Siswanto)

Catatan: Khusus untuk Irfan Bachdim mengikuti seleksi hingga gelombang II.

Video Populer

Foto Populer