Sukses


Ditangani 3 Pelatih Asing, Begini Seleksi Perdana Timnas Senior

Bola.com, Bogor - Sebanyak 24 pemain menjalani seleksi Timnas Senior yang diproyeksikan ke Piala AFF 2016. Seleksi gelombang pertama digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, mulai Selasa (9/8/2016) pagi hingga Rabu (10/8/2016). 

Seleksi hari pertama berlangsung 1,5 jam pada Selasa pagi dan dipimpin Alfred Riedl, didampingi staf asisten pelatih, Wolfgang Pikal, Hans Peter Schaller, dan Gatot Prasetyo (pelatih kiper).

Wolfgang Pikal merupakan asisten yang telah mendampingi Alfred sejak 2010. Sementara, Hans Peter adalah eks pelatih PSM Makassar yang memang punya kedekatan dengan Alfred. Sama dengan Alfred, Wolfgang Pikal dan Hans Peter juga berasal dari Austria.

Setelah menjalani pemanasan dengan berlari di lintasan sebanyak dua kali, pemain langsung dibagi menjadi tiga kelompok. Tiga kiper, Shahar Ginanjar, Dian Agus, dan Kurnia Meiga berlatih terpisah di bawah arahan Gatot Prasetyo yang sebelumnya menjadi pelatih kiper Pelita Bandung Raya. 

Sementara, dua kelompok besar terdiri dari 10 dan 11 pemain. Sebanyak 11 pemain ditangani Wolfgang Pikal. Mereka adalah Evan Dimas, Ahmad Alfarizi, Lerby Eliandry, Septian David Maulana, Ichsan Kurniawan, Syahroni, Achmad Jufriyanto, Manahati Lestusen, Ambrizal Umanailo, Irfan Bachdim, dan Bayu Pradana.

Sementara, Hans Peter menangani Boaz Solossa, Dominggus Fakdawer, Syaiful Indra, Ryuji Utomo, Adam Alis Setyano, Rizki Rizaldi Pora, Andik Rendika Rama, Wanda Syahputra, Zulfiandi, dan Rahmat Hidayat.

Sebanyak 24 pemain mengikuti seleksi Timnas Indonesia gelombang pertama di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (9/8/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Selama 30 menit, Irfan Bachdim dkk. langsung berlatih teknik, mulai passing dan sentuhan bola lalu dilanjutkan dengan small game. Pelatih Alfred Riedl memberikan keterangan soal materi yang diberikan kepada pemain seleksi.

"Latihan perdana kami bagi menjadi dua grup, yakni kelompok yang berlatih secara tim (passing) dan grup yang lain berlatih teknik individu (satu melawan satu dan tembakan). Latihan dibuat sangat simpel mengingat mereka harus kembali ke klub dalam kondisi fit tanpa ada cedera," katanya.

Setelah sesi pertama, pemain diberi menu latihan satu melawan satu lalu dilanjutkan dengan latihan tembakan. Pada sesi ini, tiga kiper sudah bergantian berlatih dengan pemain lain. Alfred Riedl yang memimpin sesi ini didampingi Wolfgang Pikal. Sementara, Hans Peter menangani kelompok yang lain untuk berlatih passing.

Setelah latihan pagi, para pemain dijadwalkan kembali latihan pada Selasa sore dan latihan terakhir pada Rabu (10/8/2016).

Video Populer

Foto Populer