Sukses


PSSI Sodorkan Solusi untuk Persib-Persija soal Lisensi Pelatih

Bola.com, Jakarta - Dua pelatih yang menjadi sorotan karena lisensi kepelatihannya tak sesuai regulasi turnamen jangka panjang Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo, yakni Djadjang Nurdjaman (Persib Bandung) dan Jan Saragih (Persija Jakarta), bisa sedikit bernafas lega. Hal ini dikarenakan PSSI bersedia membantu Djanur dan Jan.

Sekretaris Jenderal, Azwan Karim mengungkapkan PSSI siap memfasilitasi agar keduanya bisa mengikuti kursus kepalatihan lisensi A AFC. Lisensi tersebut sesuai dengan yang disyaratkan oleh operator TSC 2016, PT Gelora Trisula Semesta.

Dari informasi yang didapat, kursus pelatih lisensi A AFC akan digelar Federasi Sepak Bola Uni Emirat Arab (UAEFA), dalam waktu dekat. PSSI bersedia menghubungi UAEFA jika Djanur dan Jan berminat.

"Kursus pelatih lisensi A AFC yang akan digelar di Dubai, Desember 2016. Jika berminat, PSSI siap memfasilitasi untuk dokumen atau surat menyuratnya. Soal dana ditanggung sendiri,” kata Azwan.

Di sisi lain, Azwan mengaku PSSI tidak bisa menggelar kursus kepelatihan lisensi A AFC di Tanah Air dalam waktu dekat. Sesuai aturan, setiap anggota yang meminta untuk menggelar kursus kepelatihan harus mendaftarkan setahun sebelumnya.

"Jadi, kami tidak bisa menggelar kursus kepelatihan yang melibatkan AFC karena sesuai peraturan harus mendaftarkan setahun sebelumnya. Jadi, bukan lagi dalam hitungan bulan tapi hitungan tahun," ia menjelaskan.

Mantan Deputi Luar Negeri PSSI itu juga membeberkan bahwa induk organisasi sepak bola di Tanah Air itu sebenarnya sudah mengajukan permintaan untuk menggelar kursus kepelatihan pada tahun 2015.

“Namun, kursus kepelatihan batal digelar karena kondisi sepak bola di Indonesia tak memungkinkan. Kursus pelatih lisensi A AFC baru bisa digelar tahun 2017,” kata Azwan mengakhiri. 

Video Populer

Foto Populer